Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat (Kalbar), membagikan 27 ekor hewan kurban yang terdiri 13 ekor sapi dan 14 ekor kambing di seluruh wilayah kabupaten itu.
"Untuk tahun ini ada 27 ekor hewan kurban yang kita bagikan ke beberapa titik di Kubu Raya. Namun, ada satu ekor sapi dan satu ekor kambing yang dipotong di Kantor Bupati Kubu Raya, selebihnya disebar pada sembilan kecamatan di Kubu Raya," kata Plt Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo, di Sungai Raya, Kamis.
Dia menjelaskan penyerahan hewan kurban itu dalam rangka memperingati dan merayakan Idul Adha tahun 1436 H/ 2015 M sekaligus sebagai upaya untuk terus memupuk rasa kebersamaan, kekeluargaan antara pemerintah dan masyarakat.
Penyerahan hewan kurban itu pun dilakukan secara simbolis dan diserahkan oleh Plt Sekretaris Daerah Kubu Raya Odang Prasetyo didampingi Asisten Administrasi Lilik Kurniasih dan para Kepala SKPD Kubu Raya di Halaman Kantor Bupati Kubu Raya setelah usai melaksanakan Shalat Idul Adha.
"Untuk penyerahan proses penyembelihan hewan kurban dilakukan di setiap kecamatan, mengingat jarak tempuh di Kubu Raya dari daerah kecamatan ke ibu kota Kabupaten sangat jauh, sehingga kita mengambil kebijakan agar hewan kurban pemerintah tidak hanya dipusatkan di Kabupaten tetapi juga dikecamatan-kecamatan. Dengan demikian sebaran hewan kurban Pemerintah Kubu Raya lebih merata ke masyarakat," tuturnya.
Pada kesempatan tersebut, Odang berpesan agar semua masyarakat memaknainya dengan semangat kebersamaan dan kekompakan untuk mempercepat pembangunan Kubu Raya sebagai buah dari kesalehan spiritual yang ada pada diri masing-masing.
"Dengan momen Idul Adha ini mari kita kendalikan nafsu hewan yang ada di dalam tiap diri kita sehingga kita bisa menjadi manusia yang lebih baik, agar kita selalu menghadapi segala persoalan hidup dengan semangat karena Allah SWT selalu memberikan jalan dan petunjuk bagi umat-Nya yang beriman," ujar Odang.
Odang mengharapkan agar masyarakat Kubu Raya memaknai perbedaan dimasyarakat sebagai sebuah nilai bagi peradaban yang lebih baik. Dan agar masyarakat dapat memaknai Hari Raya Kurban sebagai bentuk teladan untuk membangun semangat dan kerelaan berkurban bagi sesama yang membutuhkan.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015