Tayan Hilir (Antara Kalbar) - Memeriahkan peringatan Tahun Baru Islam 1437 Hijriyah kali ini, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau menggelar berbagai perlombaan bernuansa Islami.
Kegiatan yang dibuka Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Drs Agus Supriyanto ini digelar 12-15 Oktober, berlangsung di halaman Keraton Pakunegara Tayan Hilir.
Hadir Ketua PHBI Tayan Hilir, Muhtaruji S Pdi, Ketua MABM Tayan Hilir, H Irwansyah S Pd, Ketua MABM Tayan Hilir, H Irwansyah S Pd,  Ketua IPHI Tayan Hilir H Syekh Indra SE, Ketua LPTQ Tayan Hilir Yuniardi AS.
Berbagai perlombaan digelar diantaranya, Tilawatil Qur’an tingkat umum, ceramah anak-anak setingkat SD dan PAUD, qasidah umum. Selain itu, pada acara puncak digelar tahlil akbar.
Kegiatan ini mengusung tema dengan semangat Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1437 dijadikan sebagai instropeksi, koreksi, mawas diri serta motivasi untuk persatuan dan kerukunan keberagaman. 
Halidin salah seorang warga Desa Kawat, Tayan Hilir menyambut baik digelarnya berbagai perlombaan, memeriahkan tahun baru Islam di Kecamatan Tayan Hilir tersebut.
"Kami selaku warga masyarakat jelas sangat mendukung kegiatan, bagaimana pun ini membantu syiar Islam," ujar pria yang akrab disapa Pak Su ini.
Selain itu kata Halidin, peringatan tahun baru Islam merupakan momen untuk mawas diri dan mengintropeksi diri. "Harapan kita, dengan datangnya tahun baru Islam ini, bisa dijadikan momentum untuk mawas diri dan mengintropeksi diri kedepan," ungkapnya.
Terpisah H Jayadi mengungkapkan, dengan digelarnya berbagai lomba bernuansa Islami tersebut. Jelas bisa dijadikan pemacu bagi pelajar dan remaja Islam, untuk lebih giat belajar agama, tak terkecuali seni-seni Islami.
"Sangat baik kegiatan berupa lomba-lomba bernuansa Islami itu digelar. Ini bisa menjadi motivasi bagi pelajar dan remaja bahkan ibu-ibu untuk selalu belajar dan berlatih serta mendalami kesenian yang bernuansa alami. Jadi secara tidak langsung ikut melestarikan budaya Islam dan syiar Islam," pungkasnya.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015