Singkawang (Antara Kalbar) - Wali Kota Singkawang, Awang Ishak mulai memperkenalkan alur lalu lintas baru di bundaran yang akan dipersiapkan di simpang 1001 Sakok, Kecamatan Singkawang Selatan.

"Belum lama ini, saya mulai turun di bundaran simpang 1001 yang sedang dalam tahap penyelesaian untuk jalannya. Untuk memberikan arahan kepada pengguna jalan yang saat itu melintas di tempat tersebut," kata Awang di Singkawang, Jumat.

Dia menjelaskan, jika pengendara dari arah Pontianak menuju ke Jalan Tani, bisa langsung. Tapi kalau arah sebaliknya, maka kendaraan harus memutar di bundaran terlebih dahulu.

Kemudian, jika pengendara dari arah Singkawang menuju Pontianak bisa langsung, tapi jika dari Jalan A Yani akan ke Jalan Tani harus memutar bundaran dulu.

"Sekarang ini masih dalam tahap penyelesaian, tapi kita perlu mulai membiasakan ke masyarakat, setelah nanti sempurna baru kita mensosialisasikan dengan benar," katanya.

Dimaksimalkannya bundaran yang ada, karena selama ini daerah tersebut memang sangat rawan terjadi kecelakaan.

Diharapkan dengan adanya akses jalan di bundaran tersebut, bisa meminimalkan kecelakaan yang terjadi.

"Kalau nanti untuk rekayasa jalan bisa dilaksanakan Dishub dengan Satlantas. Sekarang ini baru memberitahukan kepada masyarakat," jelasnya.

Sementara Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Anton Satriadi, menyambut baik rencana adanya akses jalan di bundaran simpang 1001 tersebut.

Diharapkan ke depannya, setelah difungsikan secara maksimal, bisa mengurangi keruwetan arus kendaraan dan menambah kenyamanan pemakai jalan.

"Disitu memang pernah terjadi kecelakaan, mudah-mudahan setelah ada bundaran tidak ada kecelakaan lagi," katanya. 

(KR-RDO/E001)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015