Singkawang (Antara Kalbar) - Wali Kota Singkawang Awang Ishak meresmikan operasional Pelabuhan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Sabtu (17/10).

"Alhamdulillah, hari ini kita sudah bisa menggunakan Pelabuhan Sedau ini untuk memperlancar arus transportasi masyarakat dan barang melalui jalur air. Mudah-mudahan dengan digunakannya pelabuhan ini, bisa memberikan dampak besar bagi pembangunan di Singkawang," kata Wali Kota Singkawang, Awang Ishak, Sabtu.

Awang akan memberi dukungan terhadap Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang untuk pengoperasian Pelabuhan Sedau.

"Sebagai langkah awal penyelenggaraan Pelabuhan Sedau tersebut, akan menempatkan Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Laut Dishubkominfo Kota Singkawang untuk penyelenggaraan dan pengaturan angkutan laut serta memberikan pelayanan jasa kepelabuhanan," katanya.

Ia berharap petugas yang akan ditempatkan dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Singkawang, Sumastro mengatakan, momentum ini menjadi awal untuk menggerakan potensi daerah berupa infrastruktur pelabuhan yang sudah ada sejak 2010.

"Sebagai pelaksanaan wewenang yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada Pemerintah Kota Singkawang akan memberikan pelayanan terhadap penerbitan surat keterangan kapal/PAS Kecil untuk kapal perairan laut di bawah 7 GT," katanya.

Pemilik kapal di bawah 7 GT tidak susah lagi ke Sintete. "Cukup di sini serta dengan biaya tidak terlalu mahal sesuai dengan regulasi yang ada," kata Sumastro.

(KR-RDO/S023)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015