Pontianak  (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak menggelar Pontianak Expo 2015 di Gedung Pontianak Convention Centre sebagai rangkaian dalam memperingati hari jadi ke-244 tahun.

"Digelarnya Pontianak Expo 2015 di PCC ini, sebagai rangkaian dalam memperingati Hari Jadi Kota Pontianak ke-244 tahun, yang puncaknya Jumat (23/10)," kata Wali Kota Pontianak Sutarmidji saat membuka Pontianak Expo 2015 di PCC, Kamis.

Sutarmidji menjelaskan, Pontianak Expo merupakan pameran yang menghadirkan produk kerajinan, fashion, makanan, sektor pertanian, piranti rumah tangga dan lainnya.

"Saya minta industri kreatif merupakan kegiatan usaha yang fokus pada kreasi dan inovasi. Untuk saya menekankan industri kreatif perlu terus ditumbuhkembangkan," ujarnya.

Ia meminta SKPD yang menangani itu supaya terus berupaya mengajak para pelaku industri kreatif ini untuk selalu melakukan inovasi-inovasi dalam produknya dan bisa menyesuaikan dengan keinginan pasar.

"Kendati tidak memiliki sumber daya alam, industri kreatif yang ada di Kota Pontianak yang dikembangkan oleh UMKM serta komunitas-komunitas lainnya diharapkan bisa memberikan nilai tambah, baik bagi masyarakat maupun bagi Kota Pontianak, dengan demikian bisa menjadi sumber pendapatan masyarakat Kota Pontianak," katanya.

Dalam kesempatan itu, dia juga berharap industri kreatif yang dikembangkan ini bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri bahkan mampu merambah pangsa pasar ekspor di negara-negara lainnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Pontianak Expo dari PT Pancawira Kreasindo, Endra Runy Harahap menyatakan, Pontianak Expo 2015, diikuti 100 lebih peserta, selain itu juga diikuti sebanyak 16 SKPD di lingkungan Pemkot Pontianak, Ombudsman Kalbar, Dekopin Pusat, BUMN dan BUMD juga turut mengisi stan-stan yang disediakan.

"Bahkan pemerintah daerah dari luar Kalbar juga ada yang ikut seperti Yogyakarta, Bandung dan lain-lain," katanya.

(U.A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015