Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya mengharapkan masyarakat untuk mewaspadai bencana banjir yang diprediksi akan terjadi dalam waktu dekat.

"Berdasarkan prediksi BMKG Supadio, November mendatang sampai Januari 2016 akan terjadi hujan yang merata di seluruh Kalbar. Diharapkan masyarakat bisa mulai mengambil langkah antisipasi untuk mewaspadai terjadinya banjir," kata Wagub Christiandy di Pontianak, Rabu.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, setelah terjadi Elnino akan diikuti dengan Lanina, di mana setelah terjadi bencana kekeringan yang disertai asap, maka bulan-bulan berikutnya akan terjadi Lanina di mana curah hujan yang terjadi akan berlebihan.

"Ini setidaknya bisa menjadi antisipasi bagi kita semua, jangan sampai setelah terjadi banjir, baru kita akan sibuk. Karena sebagian masyarakat masih beranggapan bahwa banjir yang terjadi pada beberapa daerah di Kalbar merupakan musiman dan sudah biasa," tuturnya.

Terkait hal itu, dia meminta masyarakat agar tidak menganggap enteng musibah banjir yang akan terjadi, namun bisa melakukan langkah-langkah pencegahan, salah satunya dengan mulai membersihkan saluran air seperti parit dan selokan yang ada di sekitar kita.

Dia mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, bencana banjir yang terjadi di Kalbar sempat mengakibatkan korban jiwa. Bahkan banyak masyarakat yang mengalami kerugian, terutama masyarakat petani yang lahannya terendam banjir dan mengakibatkan gagal panen.

"Makanya, sekali lagi saya tekankan jangan anggap enteng hal itu. Saya minta kepada pemerintah kabupaten/kota yang ada agar bisa mulai mengantisipasi hal itu," katanya.

(KR-RDO/F003)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015