Pontianak (Antara Kalbar) - Ratusan pakar ekonomi dari berbagai perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia akan berkumpul di Pontianak. Mereka akan mengikuti Kongres Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (Afebi) dimana Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura Pontianak, menjadi tuan rumah.
    
Acara itu sendiri dilaksanakan pada 17 - 19 November. "Setidaknya ada sekitar 75 perguruan tinggi negeri yang menjadi anggota Afebi akan datang ke Pontianak untuk mengikuti kongres tersebut," kata Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungura Pontianak, Prof Eddy Suratman di Pontianak, Senin.
    
Dia menjelaskan, ditetapkannya FE Untan sebagai tuan rumah untuk kongres ke-3 AFEBI tersebut telah dilakukan pada tahun 2013 lalu. Selain diikuti oleh seluruh Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis se-Indonesia, nantinya juga akan dihadiri juga oleh wakil dekan, ketua prodi S1-S3.
    
"Diperkirakan, peserta lebih dari 300 orang. Sementara ini sebagian peserta sudah datang dari kemarin, dan yang lain kemungkinan hari ini sudah datang semua karena kegiatannya kita mulai besok," tuturnya.
    
Selain membahas pemilihan pengurus baru untuk Afebi, dalam kongres tersebut juga akan dibahas beberapa permasalahan terkait kebijakan moneter atau fiskal dari ekonomi Indonesia.
    
"Selain itu, kita juga akan didiskusikan perubahan kurikulum yang cocok dengan kondisi ekonomi terbaru di Indonesia saat ini. Termasuk rekomendasi yang akan diberikan ke pemerintah," katanya.
    
Eddy menjelaskan, untuk kegiatan pembukaan besok akan dilakukan di Pontianak Convention Centre. Sementara untuk kegiatan lainnya akan dilakukan pada beberapa tempat berbeda seperti di Universitas Tanjungpura, hotel dan Bank Indonesia.
    
Menteri Keuangan juga dijadwalkan hadir pada tanggal 19 November, sepulang dari mengikuti kunjungan Presiden Jokowi ke Turki.
    
"Usai kegiatan rakor, kita akan membawa para peserta berkeliling kota Pontianak dan mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada. Selanjutnya kita akan melakukan studi banding ke Kuching Malaysia dimana kita akan mengunjungi salah satu universitas yang ada disana," kata Eddy.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015