Singkawang (Antara Kalbar) - IOF Kota Singkawang menyatakan siap untuk menyelenggarakan Kejuaraan Indonesian Offroad Federation (IOF) seri 2 se-Kalbar.

"Kejuaraan IOF seri 2 se-Kalbar ini akan kita gelar di Sanggau Kulor, Kecamatan Singkawang Timur, pada Sabtu dan Minggu (5-6 Desember 2015)," kata Ketua Tim Teknis Penyelenggara IOF Singkawang, Sugeng, Selasa.

Dia menyebutkan, sebelum digelarnya Kejuaraan IOF, pada Jumat (4/12) siang, akan dilakukan Scrut dan pendaftaran peserta di Mes Daerah. Kemudian pada malamnya (Jumat malam, red) akan dilakukan technical meeting (TM) di Gedung Pusat Informasi Pariwisata (PIP).

"Lalu pada Sabtu (5/12) pagi, sekira pukul 07.00 wib, para peserta akan berkumpul di halaman Pemkot Singkawang. Dan dilanjutkan dengan Rolling Show menuju lokasi offroad," jelasnya.

Dia mengatakan, sedikitnya ada dua kelas yang akan dipertandingkan pada kejuaraan itu, antara lain, Open Kelas dan Standar Kelas.

"Untuk Open Kelas, diperkirakan ada sekitar 15 peserta. Sedangkan di Standar Kelas diperkirakan ada 30 peserta," tuturnya.

Dipilihnya lokasi itu untuk kejuaraan IOF, lantaran lokasi tersebut terhitung sudah dua kali digelar event yang serupa. Sedangkan Kejuaraan IOF Seri 2 ini merupakan yang event yang ketiga kalinya.

Di samping itu, medannya lebih dominan ke batu-batuan, lumpur dan tanah kuning.

Pada Open Kelas, jelasnya, tentunya banyak sekali tantangan dan rintangan, yang tidak akan mungkin bisa dilewati oleh mobil-mobil biasa. Sedangkan pada Standar Kelas, tantangan dan rintangannya tidak seberat di Open Kelas.

Dalam kejuaraan itu juga, katanya, kemungkinan besar akan dihadiri Waka Polda Kalbar. "Mudah-mudahan saja, tidak ada perubahan, sehingga kejuaraan ini bisa berjalan dengan sukses," harapnya.

Tak hanya dihadiri Waka Polda Kalbar, kejuaraan itu juga akan dihadiri Bupati Kabupaten Landak sekaligus Ketua Pengda IOF Landak. Dan yang lebih menarik lagi, katanya, untuk master traeknya, panitia akan mendatangkan Mas Kiki dari Jakarta.

Melalui kejuaraan itu, dia berharap hubungan antar sesama pecinta offroad di Kalbar terjalin dengan baik.

"Karena, melalui event seperti inilah, merupakan kesempatan para pecinta offroad untuk berkumpul," katanya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015