Ngabang (Antara Kalbar) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Landak, sudah melakukan sosialisasi Sensus Ekonomi 2016 dengan pelaku ekonomi dan stakeholder lainnya di kabupaten setempat.

"Kami sudah sosialisasi tentang kegiatan sensus ekonomi 2016 dan indeks pembangunan manusia (IPM) baru kepada sejumlah SKPD dan pelaku ekonomi di Landak," kata Kepala BPS Landak Yanuar Lestariadi di Ngabang, Sabtu.

Adapun tujuan dari sensus ekonomi 2016 yakni, mengumpulkan dan menyajikan data dasar kegiatan ekonomi di luar sektor pertanian sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan nasional dan regional.

"Memperoleh informasi dasar yang mencakup semua sektor ekonomi, memberi gambaran lengkap tentang level dan struktur ekonomi, mengetahui karakteristik usha di Indonesia dan mengethui daya saing bisnis di Indonesia," jelas Yanuar.

Menurutnya, Sensus Ekonomi 2016 merupakan amanah dari undang-undang nomor 16 tahun 1997 tentang statistik. Sesuai ini akan dilaksanakan di seluruh wilayah di NKRI, dan mencaku semua aktivitas ekonomi, kecuali sektor pertanian dan semua skala ekonomi usaha.

"Kegiatan sensus ekonomi 2016 dijadwalkan berlangsung dari 1 - 31 Mei 2016 yang akan diawali sebelumnya dengan berbagai persiapan seperti perektruan petugas, pelatihan petugas dan kemudian dilakukan pendataan lengkap terhadap 19 sektor pendataan sensus  ekomoni," ungkap Yanuar.

Ia berharap kegiatan sensus ekonomi 2016 dapat berjalan dengan lancar, aman dan tanpa hambatan, sehingga seluruh rangkaian sensus ekonomi ini dapat diselesaikan sesuai waktu yang ditentukan.

"Kami menyadari bahwa kegaiatan sensus ekonomi ini tidak akan berjalan baik dan lancar tnpa dukungan pemerintah beserta jajarannya. Serta dulungan dari berbagai pihak lainnya, terutama para pelaku ekonomi khususnya para pemilik usaha," kata Yanuar.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesra Setda Landak Nyemes Srikandi mengatakan, sensus ekonomi 2016 guna memperbaharui basis data terpadu pelaku ekonomi. Tujuannta mengumpulkan dan menyajikan data dasar seluruh kegiatan ekonomi kecuali pertanian sebagai landasan bagi penyusunan kebijakan, perencanaan dan evaluasi pembangunan.

"Hasil pendataan sensus ekonomi 2016 bisa digunakan antara lain pemataan potensi ekonomi wilayah menurut industri dan pelaku usaha, pemetaan daya saing bisnis menurut wilayah dan prospek bisnus dan perencanaan investasi di Indonesia dan Landak khususnya," tegas Nyemas. (Kun/N005)

Pewarta: Kundori

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015