Sintang (Antara Kalbar) - Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sintang menggelar acara ulang tahun yang ke-16 di Gedung Pancasila dihadiri oleh Penjabat Bupati Sintang yang diwakili oleh Staf ahli Bupati bidang politik dan hukum, Syarifudin.
    Ia yang didampingi sejumlah kepala SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang, serta seluruh istri para Aparatur Sipil Negara yang tergabung dalam Dharma Wanita Persatuan. Tema tahun ini adalah "Peningkatan kualitas hidup perempuan menuju ketahanan keluarga".
   Dalam sambutannya, Ketua Panitia Pelaksanaan Ny.Helena Lahe Florentius Anom mengatakan, sebelum melaksanakan acara puncak penyelenggaraan HUT DWP ini diadakan berbagai macam perlombaan.
    Seperti Demo Edukasi Air Sehat, kunjungan dan pemberian bantuan ke TK Pertiwi, penanaman pohon, melaksanakan senam masal, melaksanakan lomba mewarnai untuk TK dan PAUD, lomba pidato untuk ibu-ibu rumah tangga, lomba bulutangkis ganda putri, penyerahan cinderamata bagi warakawuri/istri pensiunan ASN atau janda ASN yang ada di lingkungan Pemkab Sintang, serta Penyerahan Santunan pendidikan untuk ASN golongan I dan II.
  Sementara Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sintang Utin Rosmiaty Abdurrani membacakan sambutan Ketua Umum DWP yang mengatakan akan mendukung pemerintah dengan program kerja untuk menyejahterakan anggota, keluarga dan masyarakat.
    Ini merupakan program-program berkelanjutan yang memiliki dampak ganda bagi peningkatan kesejahteraan anggota, keluarga dan masyarakat sekaligus meningkatkan peran serta perempuan dalam bidang pendidikan, ekonomi, sosial budaya dan politik.
 ã€€Masih kata, Hj Utin, kaum perempuan hendaknya selalu kritis dalam melihat isu-isu yang sedang berkembang dalam masyarakat dan memberikan kontribusi aktif dalam penyelesaian secara antisipatif.
    "Kita tak bisa tinggal diam melihat kemerosotan moral yang terjadi saat ini, seperti kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak termasuk banyak sekali kasus kekerasan seksual terjadi terhadap anak-anak dibawah umur, penyalahgunaan narkoba dikalangan remaja," ujar dia.
    Hal-hal tersebut menjadikan kita semua menyadari bahwa Peningkatan Kualitas dan Ketahanan keluarga merupakan salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut.
    DWP mengajak seluruh pengurus dan anggota diseluruh tanah air bersama-sama meningkatkan kualitas kita sebagai perempuan sehingga kita menjadi pelaku utama dalam ketahanan keluarga.
    Pj Bupati Sintang yang sambutannya dibacakan oleh Staf Ahli Bupati, Syarifudin mengatakan pengurus DWP Kabupaten Sintang dapat melakukan evaluasi kritis tentang pelaksanaan program kerja organisasi, sehingga diperoleh informasi mana program yang sudah berjalan optimal, mana program yang masih perlu untuk ditingkatkan di masa mendatang.
    "Melalui momentum HUT ke-16 DWP, saya berharap organisasi dapat mempersiapkan diri untuk menjawab tantangan bonus demografi, tantangan pemberlakukan MEA serta tantangan memperkuat peran kaum wanita," katanya.
 Ia mengajak segenap pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sintang untuk terus melakukan aktivitas yang positif dan bermanfaat kepada semua pihak. "Saya juga meminta seluruh anggota Dharma Wanita Persatuan dapat menjadi ibu, istri dan sosok anggota masyarakat yang dapat ditiru dan dijadikan pedoman oleh anak, suami maupun semua orang di sekelilingnya sebab kita membutuhkan banyak sosok panutan yang mampu menanamkan nilai-nilai moral di masyarakat kita," kata dia.
    

Pewarta: Faiz

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016