Pontianak  (Antara Kalbar) - Pekan promosi dan kuliner perayaan Cap Go Meh di Pontianak dimulai Rabu (17/2), kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pontianak, Hilfira Hamid.

"Rencananya pekan promosi dan kuliner warga Tionghoa akan dibuka oleh Wali Kota, Rabu besok, dipusatkan di Jalan Diponegoro Pontianak," kata Hilfira Hamid di Pontianak, Selasa.

Hilfira menjelaskan, pihak Panitia Perayaan CGM menyediakan sebanyak 57 gerai untuk pekan promosi dan kuliner di sepanjang Jalan Diponegoro.

Kemudian, menurut dia, pada Kamis (18/2) akan diselenggarakan festival barongsai yang juga akan diikuti oleh tim dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand. Sementara pada Jumat (19/2) di tempat yang sama akan dibuka acara Barkorband anak-anak Tionghoa, Sabtu (20/2) dan Minggu (21/2) mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB akan diselenggarakan festival pemilihan koko dan meme Tionghoa Pontianak.

"Puncaknya, Senin (22/2) mulai pukul 14.00 WIB hingga 17.30 WIB acara arak-arakan "naga langit" dan malamnya dilanjutkan dengan atraksi naga bersinar," ujar Hilfira Hamid.

Dalam kesempatan itu, Hilfira menambahkan atraksi replika "naga langit" dengan panjang 100 meter dan berkepala besar, yakni sebesar sebuah mobil minibus juga ikut memeriahkan Perayaan CGM di Pontianak

"Naga langit tersebut dibuat atau dipersembahkan secara khusus oleh Yayasan Bhakti Suci Pontianak pada Perayaan CGM di Pontianak. Rencananya naga langit tersebut juga akan dicatatkan MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia), karena replika naganya memiliki kepala yang sangat besar, yakni seperti naga dari langit," ungkap Hilfira.

Selain itu, Perayaan CGM di Kota Pontianak, juga akan dimeriahkan oleh atraksi sebanyak 14 naga dari berbagai Yayasan Pemadam Kebakaran, barongsai serta atraksi pawai budaya dari Etnis Tionghoa.

Sebelumnya, Hilfira berharap dengan meriahnya Perayaan CGM di Kota Pontianak itu, maka bisa mendongkrak wisatawan, baik lokal, nasional dan wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Kota Pontianak dan Kalbar umumnya.

(U.A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016