Pontianak (Antara Kalbar) - Perum LKBN Antara Biro Kalimantan Barat siap mengawal pasangan bupati - wakil bupati yang baru dilantik oleh Gubernur Cornelis dalam memenuhi janji selama masa kampanye dalam kurun lima tahun mendatang.
   
"Tentunya sesuai tugas pokok dan fungsi Perum LKBN Antara sebagai satu-satunya BUMN bidang media," kata Kepala Perum LKBN Antara Biro Kalbar, Teguh Imam Wibowo di Pontianak, Rabu.
    
Menurut dia, salah satu yang menjadi tuntutan masyarakat adalah meningkatnya pelayanan publik di berbagai sektor. Untuk itu, kepala daerah yang baru dilantik maupun yang sudah memasuki periode kedua, harus memperhatikan masalah ini.
    
Ia tidak memungkiri, kondisi tiap daerah yang berbeda membuat permasalahan yang dihadapi kepala daerah setempat dalam meningkatkan pelayanan publik ke masyarakat pun berbeda. Namun, lanjut dia, salah satu yang diharapkan sama adalah keterbukaan atas informasi publik.
    
"Masyarakat berhak mendapat akses informasi yang lebih terbuka," ujar dia. Di sisi lain, pemerintah daerah dalam hal ini kepala daerah, juga berhak mendapat kesempatan untuk menyebarluaskan informasi tentang berbagai kemajuan dan kebijakan serta terobosan atas upaya meningkatkan pelayanan publik.
    
Termasuk upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Yang baik kita sampaikan, yang kurang tepat, kita ingatkan dan cari solusinya," kata dia.
    
Ia menambahkan, selain menyebarluaskan kebijakan pemerintah ke publik melalui berbagai jaringan pemberitaan yang dimiliki, Antara juga tidak menutup mata atas suara daerah ke pemerintah pusat.
    
"Dengan sinergi antar-BUMN yang semakin kuat, keinginan daerah tentu bakal lebih didengar untuk ditindaklanjuti," katanya.
    
Terlebih lagi, Antara punya kewajiban untuk menyebarluaskan informasi ke daerah tertinggal, terluar dan terdepan, salah satunya melalui distribusi koran yang melibatkan media lokal setempat dan layanan jasa lainnya.
    
"Indonesia negara yang sangat kaya, melalui jaringan yang dimiliki, Antara mencoba untuk mengenalkan potensi-potensi daerah melalui jaringan yang ada hingga ke tingkat internasional," kata dia.
    
Secara khusus, Perum LKBN Antara Biro Kalbar mengucapkan selamat kepada bupati dan wakil bupati di enam daerah yang baru dilantik. "Mari bersinergi untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat, bangsa dan negara," katanya menegaskan.
    
Kepala daerah yang baru dilantik yakni Suryadman Gidot - Agustinus Naon (Bengkayang), Rupinus - Aloysius (Sekadau), Jarot Winarno - Askiman (Sintang), Panji - Dadi Sunarya UY (Melawi), AM Nasir - Antonius L Ain Pamero (Kapuas Hulu) dan Martin Rantan - Suprapto (Ketapang).

Pewarta: Nurul Hayat

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016