Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 18 bakal calon wali kota dan wakil wali kota mendaftar ke Sekretariat PDIP Singkawang untuk mengikuti pilkada tahun 2017 mendatang.

"Hingga ditutupnya pendaftaran, sebanyak 18 bakal calon yang mendaftar, yang terdiri dari kader maupun non kader," kata Ketua DPC PDIP Singkawang, Kalimantan Barat, Sujianto, Minggu.

Dia menuturkan, 18 bakal calon wali kota dan wakil wali kota itu masih dalam survei DPP dengan masukan dari DPD dan DPC.

"Kita berharap, kader kita sendiri secara popularitas dan elektabilitas tinggi karena tentunya diprioritaskan bagi kader, setelah itu barulah non kader," tuturnya.

Setelah dikeluarkan hasil survei itu nanti, maka akan dibahas serta dikaji secara mendalam di tingkat DPP.

"Jadi kami agak hati-hati dalam menentukan pasangan calon dan semuanya harus melalui mekanisme partai," ujarnya.

Di tempat terpisah, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya berharap Pilkada 2017 bisa menghasilkan pemimpin yang terbaik, amanah dan didukung oleh semua masyarakat Singkawang.

"Sehingga dalam membangun Singkawang ini bisa semakin maju dan makmur," katanya saat berkunjung ke Singkawang.

Dia juga berharap pelaksanaan pilkada nanti dapat berjalan baik dan kondusif seperti pada pilkada serentak yang lalu.

"Seperti kemarin, semua kabupaten sudah berjalan dengan lancar dan baik, diharapkan pada pilkada nanti juga begitu," katanya.

Jika nanti ada ketidakpuasan dari salah satu pasangan calon, diharapkan untuk menempuh jalur hukum ke Mahkamah Konstitusi (MK).  

(KR-RDO/S023)

Pewarta: Rudi dan Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016