Pontianak (Antara Kalbar) - Aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa Pengemban Amanat RaKyat atau Solmadapar, menggelar aksi unjuk rasa ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Barat, di Pontianak, Kamis, menuntut transparansi dana aspirasi anggota Dewan setempat.

"Kami datang ke gedung DPRD mempertanyakan transparansi program dalam penggunaan dana aspirasi anggota DPRD Kalbar," kata Sekretaris Jenderal Solmadapar, Hidayat Kalizar, saat ditemui dalam aksi di bundaran Tugu Digulis Universitas Tanjungpura, Jl Ahmad Yani, Pontianak.

Ia mengatakan, Solmadapar mempertanyakan kejelasan dalam penggunaan dana aspirasi anggota DPRD Kalbar karena diduga banyak terjadi penyelewengan. Dana aspirasi tersebut nilainya berkisar Rp2 miliar hingga Rp5 miliar untuk setiap anggota Dewan. Dana aspirasi tersebut sebesar Rp130 miliar per tahun anggaran. Mahasiswa mempertanyakan penggunaan dana aspirasi untuk tahun anggaran 2015 dan 2016.

Dalam aksi di gedung DPRD Kalbar, Solmadapar membawa pernyataan sikap dan surat bermaterai Rp6 ribu, yang isinya mempertanyakan penggunaan dana aspirasi tersebut.

Aksi mahasiswa itu sendiri diikuti belasan aktivis, mereka berjalan kaki menuju ke Gedung DPRD Kalbar yang berjarak sekitar 500 meter dari tempat berkumpul di Tugu Digulis Untan. 

(Mwr/N005)

Pewarta: Mawardi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016