Pontianak (Antara Kalbar) - Komunitas Jejaring Wisata (Jewita) Kalbar bekerja sama dengan Bank Indonesia akan mengekspos berbagai tempat wisata yang ada di Kalimantan Barat, untuk memaksimalkan kunjungan wisatawan ke provinsi itu melalui lomba selfie wisata.

"Kita akan mengekspos berbagai tempat wisata yang ada di Kalbar melalui kegiatan lomba selfie wisata Kalbar yang akan kita luncurkan pada nanti malam," kata Humas Jewita Kalbar yang juga sekretaris Panitia, Dedi Khansa di Pontianak, Sabtu.

Dia menjelaskan, melalui kegiatan yang akan digelar tersebut dalam rangka mengajak semua masyarakat Kalbar secara massif dan bersama-sama peduli dalam mengenalkan obyek wisata yang ada di Kalbar.

"Umumnya, semua orang memiliki gadget atau smartphone, dimana selama ini setiap masyarakat yang berkunjung kesuatu lokasi wisata, mereka pasti berfoto atau berselfie ria dan mengupload ke media sosial dan ini sudah menjadi trend sekarang ini. Hal itu lah yang akan kita manfaatkan, dengan melakukan gerakan peduli wisata," tuturnya.

Dedi menjelaskan, hal itu sudah terbukti bisa meningkatkan kunjungan wisatawan, seperti foto-foto jembatan Tayan yang banyak diupload masyarakat, sehingga banyak yang ingin berkunjung kesana.

Dijelaskan Dedi, lomba yang berbasis atau melalui media sosial berupa instagram, facebook dan Twitter tersebut harus berselfie bukan seperti kebanyakan dengan foto profesional, karena pihaknya membuka kesempatan untuk peserta umum, bukan photo profesional.

"Tahap awal program kita adalah mengenalkan dulu spot-spot obyek wisata di Kalbar. Saya yakin tidak semua tahu obyek wisata di berbagai kabupaten atau di kota Kalbar secara pasti," tuturnya.

Dengan ada lomba itu, pihaknya mengharapkan semua obyek wisata di Kalbar terpotret dan dapat dipantau. Semoga ini mendorong berkunjung.

Ditambahkannya, dalam lomba selfie wisata di Kalbar itu, peserta harus berada di obyek wisata baik itu wisata alam, kuliner, pertunjukan seni budaya, tempat pusat belanja dan lainnya. Lomba itu terbuka untuk umum dan gratis.

Menariknya lagi dikatakan Dedi, lomba itu didukung oleh sponsor utama yaitu Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kalbar.

Selanjutnya tidak kalah menarik juga datang dari Pemkot Pontianak, Angkasapura II Supadio Pontianak, PHRI Kalbar, Mayoritas Hotel Bintang 3 dan 4 di Pontianak, Rumah Makan dan Restoran di Pontianak dan Singkawang, Astra Motor Internasional, Anggota DPRD Provinsi Kalbar Guntor, Anggota DPR RI Micheal Jeno, P3I, Zanzibar, Silok, Travel Bakrie, Bank Kalbar, BTN, Borneotrip dan beberapa media di Kalbar termasuk Antara Kalbar.

"Nanti untuk teknis lomba buka saja infonya di Facebook Jejaring Wisata Kalimantan Barat. Habis peluncuran kita umumkan di situ," katanya.

Peluncuran program tersebut akan dibuka oleh Wali Kota Pontianak dan dihadiri seluruh sponsor baik pimpinan perusahaan dan General Manager Hotel yang ada di Pontianak.

Bahkan akan hadir beberapa komunitas dan diisi dengan acara oleh konser musik yang menghadirkan Dwi Bebek, Boby Faraby, dan Jaket Basah akan menyumbangkan lagu. Ada pula FCC Stand Up Comedy dan Beatbox dan DRB.

"Terakhir saya sampaikan di lomba ini selama 9 minggu ke depan pasca peluncuran. Setiap minggu akan kita berikan hadiah. Untuk hadiah mingguan ada voucher menginap, makan dan lainnya selama 8 minggu.

"Kejutan lagi di minggu kesembilan akan ada hadiah utama dari BI yaitu beberapa handphone. Dari Pak Walikota Pontianak juga ada memberikan sepeda. Jadi kita harap semua ikut berpartisipasi di lomba, kenalkan obyek wisata kita dan rebut hadiah, info lengkap buka FB kita saja" katanya.  

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016