Ngabang (Antara Kalbar) – Pemerintah Kabupaten Landak melalui Badan Lingkungan Hidup akan menggelar pemilihan Duta Lingkungan Hidup 2016. Pendaftaran dibuka mulai 2 -20 Mei 2016, tes pada 24 Mei dan pengumuman 25 Mei. Sedangkan Grand Final digelar 31 Mei mendatang.
   
"Kami menantang para remaja dan pemuda yang peduli akan lingkungan ikut kompetisi pada pemilihan duta lingkungan yang kami gelar. Pendaftaran gratis dan dengan syarat diantaranya  pria maupun wanita usia dari 16 – 22 tahun belum menikah. Tinggi badan minimal 160 untuk wanita dan 165 untuk pria," kata Sekretaris Panitia Pemilihan Duta Lingkungan Hidup 2016, Julianus Edo Natalaga di Ngabang, Kamis.
   
Sedangkan syarat lain peserta melampirkan fotokopi KTP atau kartu pelajar/mahasiswa, foto close up sebanyak dua lembar dan foto seluruh badan sebanyak satu lembar.  Pendaftaran di sekretariat panitia kantor Badan Lingkungan Hidup, jalan Ngabang – Sanggau Km 4 atau belakang kantor Bappeda.
   
"Kami akan ambil dua orang, untuk juara satu dan dua akan dikirim mewakili Kabupaten Landak untuk tampil pada pemilihan Duta Lingkungan tingkat Provinsi Kalbar yang akan digelar sekitar akhir Juli atau awal Agustus mendatang," ungkap Edo yang juga Kabid Pengembangan Kapasitas di Badan LH Landak ini.
   
Edo juga sedikit memberikan gambaran materi tes dalam seleksi pemilihan Duta Lingkungan diantaranya Bahasa Inggris, pengetahuan umum dan pengetahuan tentang lingkungan.  Karena agenda pemilihan duta lingkungan hidup merupakan agenda tahunan yang digelar di Pemkab Landak, para Duta Lingkungan Hidup ini akan menjadi agen perubahan yang memberikan kampanye kepada masyarakat mengenai isu-isu lingkungan.`
  
"Berdasarkan UU 30 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup bahwa lingkungan hidup sehat dan baik itu merupakan hak asasi semua orang oleh karena itu semua orang harus ikut turut menjaganya, Duta Lingkungan hidup yang akan terpilihan nantilah yang juga akan mengkampanyekan untuk menjaga lingkungan," kata Edo mantan ajudan bupati Landak ini.

Pewarta: Kundori

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016