Sukadana (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kayong Utara sebagai tempat puncak pelaksanaan Sail Selat Karimata 2016 akan menyiapkan ratusan unit rumah yang akan disulap menjadi homestay.
    Ketua Panitia Daerah Sail Selat Karimata 2016, Idrus pada acara puncak Sail Selat Karimata, Kayong Utara akan didatangi tamu dari berbagai provinsi di Indonesia dan tamu dari pemerintah pusat.
    Ia mengakui, banyaknya tamu yang akan berkunjung tersebut tidak sebanding dengan ketersediaan fasilitas hotel dan penginapan sehingga memerlukan sarana penunjang lainnya seperti homestay.
    "Saat ini kita sudah menyebar formulir kepada seluruh masyarakat di Kayong Utara untuk menyiapkan homestay," kata Idrus.
    Rumah penduduk yang akan dijadikan homestay tersebut nantinya tidak asal ambil, melainkan harus memenuhi persyaratan tertentu yang telah disesuaikan.
    Mulai dari ukuran, ketersediaan kamar tidur, kamar kecil, toilet dan fasilitas pendingin udara juga menjadi beberapa kriteria rumah yang dapat dijadikan homestay.
    "Semakin baik semakin layak untuk dijadikan homestay," katanya.
    Di Kabupaten Kayong Utara, saat ini baru tersedia 1 hotel dan 5 penginapan dan jumlah kamar yang tidak lebih dari 200 kamar.
    Namun dekatnya jarak dari Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang, dimungkinkan tamu undangan dapat menginap di Kabupaten Ketapang yang berjarak 60 km atau 2 jam perjalanan.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016