Ketapang (Antara Kalbar) – Sebanyak 80 klub futsal bersaing dalam turnamen Futsal Media Cup 2016, yang berlangsung 21 Mei Hingga 4 Juni di Lapangan Mandala Futsal, sekaligus meresmikan lapangan Itu.
Para peserta turnamen antara lain berasal dari Kota Pontianak, Kayong Utara, serta 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ketapang. Turnamen tersebut dibuka oleh Ketua KONI Ketapang Fadli Atip, Sabtu malam.
Ketua Panitia Pelaksana Turnamen Candra mengatakan turnamen ini digelar atas banyaknya animo penggemar futsal di Kabupaten Ketapang, sekaligus ajang untuk meningkatkan semangat dan pembinaan generasi penerus serta mencari bibit-bibit pemain sepakbola di Ketapang.
Di putaran pertama babak penyisihan, 80 tim tersebut akan dibagi dalam 2 grup yaitu A dan B. Untuk memperebutkan juara 1 2 3 dan 4 serta Piala dan uang pembinaan dengan total belasan juta rupiah.
Lebih lanjut Candra menjelaskan, sebanyak 80 tim akan menggunakan sistem gugur untuk maju ke babak seterusnya.
"Dengan adanya turnamen ini diharapkan dapat meningkatkan gairah dan semangat para pengemar sepakbola khusunya futsal, agar bibit-bibit sepakbola di wilayah Kabupaten Ketapang  bisa maju seperti daerah lainnya," kata Candra.
Selama ini, kata Candra, pembinaan sepakbola khususnya untuk futsal di wilayah Ketapang sangat kurang dan tertinggal dibandingkan daerah lain di Kalbar.
Maka dari itu, pihaknya berharap pemerintah dapat memberi dukungan untuk pembinaan-pembinaan sepakbola Futsal.
"Ketapang memiliki banyak bibit-bibit sepakbola yang mampu bermain dengan baik dengan pemain-pemain lain di luar Ketapang, jika pembinaan dapat dilakukan dengan baik. Namun yang terjadi selama ini, bibit-bibit muda pemain sepakbola di Ketapang hanya berdasarkan kemampuannya dari ‘alam’," ujarnya.
Sementara itu Fadli Atip mengatakan, para atlit sepakbola khususnya futsal perlu adanya pembinaan dan perhatian khusus dari pemerintah.
"Jika dilakukan pembinaan dengan baik, maka Ketapang juga mampu melahirkan bibit-bibit sepakbola yang tangguh, yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional," ujarnya.
Ia berharap, turnamen Futsal Media Cup 2016 ini bisa berlanjut dan dapat menumbuhkan semangat sepakbola generasi muda di Kabupaten Ketapang.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016