Pontianak (Antara Kalbar) - Kementerian Pemuda dan Olahraga tengah membuka pendaftaran bagi aktivis kepemudaan termasuk di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat sebagai inisiator, pelopor, dan penggerak utama untuk kegiatan kegiatan kerelawanan.
"Ajang pencarian pemuda pelopor ini untuk memberikan apresiasi dan penghargaan bagi para pemuda dari seluruh pelosok Negeri, yang dinilai telah memberikan dampak dan perubahan melalui gerakan kepeloporan yang dilakukannya," ujar Kabid Kepemudaan Disporabudpar Kabupaten Sambas, Nizamudin di Sambas, Minggu.
Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi solusi terhadap permasalahan yang terjadi baik itu diwilayah terkecil (Desa) maupun skala kabupaten.
Nizamudin menjelaskan penghargaan dan apresiasi melalui pemilihan pemuda pelopor tersebut tidak diberikan begitu saja, namun sebelumnya para pemuda akan di seleksi bertahap mulai dari tingkat kabupaten, Provinsi hingga tingkat Nasional.
"Para pemuda yang akan diseleksi akan diminta untuk membuktikan kepeloporan yang dilakukan melalui presentasi, fact dinding dan bukti fisik untuk kategori tertentu" kata dia.
Nizamudin merincikan adapun bidang kepeloporan yang akan diperlombakan meliputi bidang pangan, pendidikan, bidang sosial budaya, pariwisata dan bela begara, bidang pengelolaan sumber daya alam dan bidang komunikasi, informasi, dan teknologi tepat guna.
"Jadi kita minta silahkan mendaftar kepada pemuda yang termasuk dalam bidang yang dilombakan," kata dia
Dikataknya untuk pendaftaran sendiri telah dibuka tanggal sejak April lalu hingga 28 Mei 2016. Sementara untuk seleksi menurutnya akan dilaksanakan Minggu pertama di bulan Juni 2016 di Kantor Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Sambas, jalan Pembangunan Sambas.
"Untuk informasi lengkap baik itu syarat untuk mengikuti saya persilahkan hubungi di nomor saya 082255746977 atau datang saja langsung ke kantor," terangnya.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016