Sungai Raya (Antara Kalbar) - Desa Sungai Radak II Kecamatan Terentang menjadi satu-satunya Desa yang mewakili Kabupaten Kubu Raya, dalam lomba desa/kelurahan tingkat Provinsi Kalimantan Barat 2016.

"Lomba ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berlangsung di Desa Sungai Radak II sebagai wakil Kubu Raya," kata Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus di Sungai Raya, Rabu.

Dia menjelaskan, melalui penilaian lomba tersebut Pemerintah akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan di Desa Sungai Radak II. Sebelumnya Desa Sungai Radak II sudah menjadi Desa terbaik tingkat Kabupaten sehingga berhak mewakili Kubu Raya ke tingkat provinsi.

Menurut Hermanus hal yang paling penting dalam penilaian tersebut adalah usaha pemerintah desa dalam memajukan dan memberdayakan warganya, salah satunya sejauh mana dukungan untuk kegiatan pendidikan anak usia dini dan Posyandu, serta sejauh mana upaya yang telah dilakukan guna menggerakkan perekonomian masyarakat.

"Saya harapkan kegiatan ini menjadi motivasi bagi masyarakat dan perangkat Desa untuk terus berusaha membenahi pembangunan Desa yang transparan dan inovatif serta membawa dampak yang baik bagi kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Desa Sungai Radak II ini kan wakil Kubu Raya di tingkat provinsi. Itu artinya desa ini sudah menjadi yang terbaik di Kubu Raya," tuturnya.

Dijelaskan Hermanus bahwa penilaian perlombaan desa tersebut diharapkan dapat member motivasi dan memacu semangat bagi perangkat desa, lembaga-lembaga desa dan masyarakat untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam membangun fisik desa dan membenahi administrasi pemerintah desa yang sudah ada.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Kubu Raya, Sudiono memberikan penjelasan indikator penilaian perlombaan desa kepada seluruh masyarakat dan perangkat Desa Sungai Radak II.

Sudiono menuturkan indikator penilainya antara lain, tekait sektor pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

"Masing-masing indikator ini tentunya memiliki ketentuan-ketentuan khusus yang harus dipenuhi dalam pemberian skor, sebab selain dalam bentuk angka yang harus disiapkan adalah data pendukung dari masing-masing i`tem dalam indikator," katanya.

Sementara Itu, kepala desa Sungai Radak II, Buang Widiyanto mengatakan, dengan dukungan segenap komponen masyarakat desa setempat mulai dari Ketua RT/RW, staf desa, TP. PKK, kader-kader pada masing-masing lingkungan, diharapkan Desa Sungai Radak II sebagai wakil dari Kabupaten Kubu Raya untuk lomba desa tahun ini, untuk mampu menunjukkan potensi dan memberdayakan masyarakat dalam pembangunan desa.

Buang Widiyanto menjelaskan Desa Sungai Radak II saat ini memiliki banyak potensi yang sudah dikembangkan dalam upaya peningkatan perekonomian masyarakat. Diantaranya dibidang perkebunan, peternakan dan pertanian masyarakat. Buang menjelaskan bahwa sejauh ini masyarakat di Desa Sungai Radak II sangat kompak, aman dan tetram.

"Kami masyarakat Desa Sungai Radak II berharap bisa memenangkan Kubu Raya di tingkat provinsi dan menjadi wakil provinsi di tingkat nasional nantinya," kata Buang.***4***

(KR-RDO)

(U.KR-RDO/B/T013/T013) 01-06-2016 11:27:09

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016