Pontianak (Antara Kalbar) - Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjend TNI Andika Perkasa memerintahkan kepada komandan satuan jajarannya agar melakukan tes urine secara acak dan dilakukan secara periodik, untuk menghindari prajurit yang terlibat Narkoba.

"Saat ini, peredaran narkoba di Indonesia semakin meningkat. Untuk mencegah adanya penyalahgunaan narkoba oleh prajurit, makanya Pangdam memerintahkan untuk melakukan tes urine secara berkala kepada para anggota di tiap jajaran," kata Kapaldam XII/Tanjungpura Letnan Kolonel Cpl Sumbogo Widy Hartono, Senin.

Sumbogo menuturkan, pihaknya akan melakukan tes urine kepada anggotanya secara acak usai melaksanakan kegiatan apel sesuai perintah dari Komando atas. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya penyalahgunaan Narkoba di lingkungan Kodam XII/Tpr, khususnya di Paldam.

Dia merincikan, baru-baru ini dilakukan tes urin kepada 127 anggota yang mengikuti upacara dengan masing-masing dari satuan, dimana pada satuan Mapaldam XII/Tanjungpura sebanyak 54 personel, Bengrah 12-41-01/Pontianak sebanyak 37 personel, Gudpalrah 12-31-01/Pontianak sebanyak 17 personel dan Gudmurah 12-21-01/Anjungan sebanyak 19 personel.

"Namun yang dilakukan tes urine secara acak sebanyak 30 personil, ujar Sumbogo. Pelaksanaan tes urine ini merupakan kegiatan mutlak harus dilaksanakan di satuan, ini bagian dari upaya preventif dan refresif terhadap penyalahgunaan narkoba di Satuan Paldam XII/Tanjungpura dan wajib di acak dalam pelaksanaanya serta mendadak," katanya.

Tes urine kali ini, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kubu Raya dengan ketua tim pemeriksa Kasi Pelayanan Kesehatan Dasar dr. Asep Ahmad Saefullah.

"Pada pemeriksaan tersebut juga dilakukan oleh dua tenaga medis kesehatan Kubu Raya. Dan dalam tes urine yang kemarin kita laksanakan untuk hasilnya negatif," katanya.

(KR-RDO/M019)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016