Pontianak (Antara Kalbar) - Komandan Lantamal XII Pontianak, Brigjen TNI (Mar) M Hari menyampaikan TNI Angkatan Laut membuka kesempatan bagi para pemuda Indonesia untuk dididik menjadi Tamtama Prajurit Karier (PK) TNI AL di Markas komandoLantamal Pontianak.

Pendaftaran calon Tamtama PK TNI AL gelombang II tahun 2016 dimulai pada tanggal 11 sampai dengan 28 Juli 2016 dan dapat juga diakses melalui media online di website www.rekrutmen-tni.mil.id serta mengisi formulir pendaftaran.

Selanjutnya, daftar ulang secara fisik ke tempat pendaftaran yag telah ditentukan dengan menunjukkan cetakan formulir pendaftaran dan dokumen asli antara lain, Akte Kelahiran, KTP Calon, KTP Orang tua/wali, Kartu Keluarga (KK), Ijazah dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) SD, SLTP, SLTA sederajat. Masing-masing dokumen di fotocopy 1 (satu) lembar, pas photo hitam putih tebaru ukuran 4X6 cm satu lembar serta stop map warna merah.

Selanjutnya persyaratan umum yang harus dilakukan calon peserta pendaftaran Tamtama PK TNI AL gelombang II tahun 2016, sebagai berikut :

1.  Warga Negara Republik Indonesia, pria beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.

2.  Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan dalam bentuk Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.

3.  Sehat jasmani dan rohani.

4.  Tidak sedang kehilangan hak untuk menjadi Prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Lebih lanjut, persyaratan lainnya, antara lain berijazah minimal lulusan SMP/sederajat, Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti Pendidikan Pertama (Dikma) dan selama 2 (dua) tahun setelah Dikma, Tinggi badan minimal 163 cm dengan berat badan seimbang, berusia setinggi-tingginya 22 tahun dan paling rendah 17 tahun 9 bulan saat pembukaan Dikma Tanggal 10 Oktober 2016, Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) paling singkat 5 (lima) tahun mulai saat dilantik menjadi Kelasi Dua/Prajurit Dua.

Persyaratan tambahan, Bulan prajurit TNI, anggota Polri maupun PNS, tidak bertato dan bertindik maupun bekasnya kecuali yang disebabkan oleh ketentuan adat, tidak buta warna dan tidak berkacamata/memakai softlens, tidak diperbolehkan mendaftar lebih dari satu.

Lebih lanjut selama proses seleksi tidak dipungut biaya apapun, seleksi tingkat daerah dilaksanakan ditempat pendaftaran dan seleksi tingkat pusat di Lembaga Penerimaan Tenaga TNI Angkatan Laut (Lapetal) Malang, bagi yang lulus seleksi tingkat daerah akan dikirim ke Lapetal Malang untuk mengikuti seleksi tingkat pusat dengan biaya negara, calon yang dinyatakan tidak lulus seleksi tingkat pusat akan dikembalikan ke daerah asal pendaftaran dengan biaya negara dan setelah lulus dari pendidikan pertama diangkat menjadi Prajurit TNI AL dengan pangkat Kelasi Dua/Prajurit Dua serta calon hanya dibenarkan mendaftar disatu tempat pendaftaran.


Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016