Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Kesehatan Singkawang, A Kismed mengimbau kepada masyarakat di kota itu untuk selalu mewaspadai beberapa penyakit yang sering muncul pada musim kemarau seperti saat ini.

"Beberapa penyakit itu, diare, demam berdarah, dan malaria. Memasuki musim kemarau akhir-akhir ini, diharapkan kepada masyarakat untuk selalu menggunakan air bersih," kata Kismed di Singkawang, Rabu.

Disamping itu, lanjut Kismed, terapkan selalu Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), buang air besar pada tempatnya, dan mencuci tangan pakai sabun sebelum makan.

Kismed bersyukur, sampai hari ini pihaknya belum menerima adanya laporan dari rumah sakit dan puskesmas mengenai lonjakan penyakit pasca Lebaran.

"Penyakit sudah pasti ada, tapi belum ada lonjakan yang signifikan atau masih sebatas wajar," tuturnya.

Namun, mengingat cuaca kemarau sekarang ini, masyarakat tetap diingatkan untuk selalu membersihkan tempat-tempat penampungan air.

Karena biasanya ada daerah-daerah tertentu yang susah mendapatkan air bersih. Sehingga, membuat orang menjadi malas membersihkan tempat penampungan air.

"Nah, tempat itulah biasanya menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Jadi bagaimanapun harus tetap di bersihkan," pintanya.

Kemudian, lanjutnya, apabila masyarakat memasak air, pastikan air yang di masak betul-betul mendidih.

"Bila perlu lewatkan sekitar 15 menit dari air yang mulai mendidih demi keamanan mengkonsumsinya," katanya.



(U.KR-RDO/T011)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016