Pontianak (Antara Kalbar) - Raja Landak, Iswaramahayana Karang Tanjung, DR Gusti Suriansyah menganugerahkan gelar dan penghargaan kerajaan kepada beberapa tokoh penting di Kalbar dan Kabupaten Landak.

"Ada beberapa tokoh yang kita berikan gelar penghargaan pada kegiatan Ziarah Akbar dan Tumpang Negeri di Keraton Ismahayana Landak hari ini. Ini bukan sekedar penghargaan biasa, karena ini memiliki nilai strategis dan historis dari Keraton Landak," kata Gusti Suriansyah di Ngabang, Minggu.

Dia menjelaskan, penghargaan itu diberikan agar para tokoh yang mendapatkan gelar tersebut bisa ikut melestarikan kebudayaan keraton Ismahayana Landak.



"Diharapkan para tokoh yang mendapatkan gelar tersebut agar bisa ikut membantu keraton Landak dalam mensejahterakan masyarakat," tuturnya.

Dalam pemberian gelar keraton itu, Gubernur Kalbar Cornelis mendapat gelar Ratu Nata Pulang Palih, kemudian Ketua TP PKK Kalbar, Frederika Cornelis dengan gelar kehormatan, Mas Ratu Laila Ismahayana.

Gusti Suriansyah mengatakan penghargaan yang diberikan pihaknya kepada Cornelis dan istri berdasarkan kinerja Cornelis pada tahun 2002 lalu, saat dirinya menjadi Bupati Landak, dia membangun kembali keraton Landak sehingga keberadaannya masih ada sampai sekarang.



Di tempat yang sama, Bupati Landak, Adrianus Asia Sidot mengatakan upacara penghargaan itu menjadi kegiatan yang sangat berharga dalam upaya melestarikan budaya kita.

"Kami selalu berusaha mempromosikan Landak, khususnya di bidang pariwisata karena Landak memiliki potensi yang luar biasa dan lengkap, dimana kita memiliki wisata budaya, sejarah dan wisata alam yang jika dikembangkan akan memberikan kontribusi besar dalam pembangunan Landak ke depan," katanya.

Dirinya mengharapkan ke depan, kegiatan itu bisa menjadi salah satu agenda wisata yang dapat mendatangkan wisatawan dari luar.



"Kita akan berupaya membantu agar kebudayaan kita ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat luar," katanya.
Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis menyampaikan ucapan terimakasihnya atas penghargaan yang diberikan Keraton Landak kepada dia dan istrinya.

"Kami ini bukan dari darah biru, tetapi bisa mendapat penghargaan ini. Tentu saja ini menjadi penghargaan yang patut dibanggakan," katanya.

Menurut Cornelis, penghargaan yang diberikan itu menjadi tanggungjawab besar bagi dirinya agar bisa ikut melestarikan kebudayaan Keraton Landak.



"Karena penghargaan ini sebagai sebuah amanah, maka kita akan menjalankan amanah ini," katanya.
Sebagai Gubernur Kalbar, dirinya juga akan berkomitmen untuk terus melestarikan kebudayaan kerajaan dan keraton yang ada di Kalbar.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016