Bengkayang (Antara Kalbar) - Sesuai dengan arahan dan petunjuk Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang, seluruh siswa baik tingkat SD, SMP maupun SMA wajib mengikuti Masa Bimbingan Studi (Mabis) sejak 18-20 Juni 2016.

Satu di antara sekian banyak sekolah yang melaksanakan Mabis di adalah SMA Borneo Bengkayang. Sebanyak 142 siswa mengikuti Mabis tersebut.

"Di Sekolah kami bukan hanya kelas sepuluh atau siswa baru yang mengikutinya namun jug diikuti kelas sebelas," ujar Kepala SMA Borneo Iyos di Bengkayang, Selasa.

Iyos menjelaskan pada Mabis di SMA Borneo diisi oleh para guru pembimbing dengan dibantu para pengurus OSIS. Materi Mabis yang diberikan mulai dari pengenalan lingkungan sekolah, tata tertib sekolah hingga mengajak para siswa untuk membersihkan lingkungan sekolah.

Dijelaskannya yang bertujuan membimbing siswa dalam mencapai cita- citanya dan pengenalan sekolah nama lain dari Masa Orientasi Siswa (Mos).

"Sekolah berperan membimbing siswanya untuk menuntaskan belajar selama tiga tahun di SMA hingga mengikuti ujian sekolah," terang Iyos.

Sementara itu Bupati Bengkayang, Suryadman Gidot turun langsung melakukan monitoring ke sekolah sekolah di Bengkayang mulai SD hingga SMA.

"Seluruh sekolah telah melaksanakan Mabis dan guru guru telah siap mengajar," terang Gidot.

Pada kesempatan itu ia menilai, untuk mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara itu bukan hanya kewajiban pemerintah, namun diperlukan juga dukungan orang tua dan pihak swasta.

"Untuk kemajuan pendidikan di Bengkayang semua adalah tanggung jawab kita bersama dan mari bersama kita majukan SDM kita untuk pembangunan daerah ini," kata dia.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016