Sekadau (Antara Kalbar) – Danramil 13 Belitang/Belitang Hulu, Kodim 1204/Sanggau beserta Babinsa melaksanakan Sosialisasi Kebakaran lahan dan hutan di Desa Balai Sepuak, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau.
    Hadir dalam acara tersebut Camat Belitang Hulu dan Kapolsek Belitang Hulu yang diwakili oleh Bripka Setiawan serta anggota Polsek Belitang Hulu, kades dan BPD masing-masing desa se Kecamatan Belitang Hulu serta PPL dan Temenggung tiap desa.
    "Kita mengimbau masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan, perkebunan dan pertanian. Yang bisa mengakibatkan pencemaran udara berupa kabut asap yang menimbulkan penyakit pernapasan (ISPA). Dan apabila saudara menemukan titik api agar segera melaporkan kepada instansi yang terkait, TNI, Polri, Camat, Kades, Kadus," kata Danramil 13 Belitang, Darijan.
    Dia melanjutkan, kebakaran hutan dan lahan sebagian besar disebabkan oleh faktor manusia dan faktor alam terutama pada kegiatan pembukaan lahan. Kemudian ditambah pengaruh iklim yang sangat ekstrim yang kita alami saat ini.
    "Hal itu tentunya menuntut kita untuk menyiapkan diri dan senantiasa siap siaga dalam upaya penanggulangan bencana tersebut. Kita melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) untuk mensosialisasikan tentang kebakaran hutan kepada Kades dan nanti supaya kades bisa menyampaikan kepada masyarakat di desa masing-masing tentang bahaya membakar, dengan sosialisasi tersebut diharapkan pemahaman masyarakat terhadap hal itu semakin tinggi dan bisa diantisipasi lebih dini," pungkasnya.

Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016