Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Disperindagkop dan UKM Singkawang, Hendryan mengatakan, sebanyak 23 pedagang di simpang Sekip Lama ditambah 9 pedagang yang berada di depan Pratiwi Komputer akan dipindah ke dua lokasi pada awal Agustus 2016.

Hal itu dilakukan, lantaran pada tahun ini Pemkot Singkawang akan membangun bundaran di sekitar lokasi pedagang yang berada di simpang Sekip Lama.

"Secara keseluruhan ada sebanyak 32 pedagang dari dua lokasi yang akan kita pindahkan ke dua lokasi baru yakni, di sebelah eks Gedung Pancasila dan di eks Kantor Perpustakaan," kata Hendryan, Jumat.

Berdasarkan kontrak kerja rehab eks Kantor Perpustakaan, jelas Hendryan, akan berakhir pada 31 Juli 2016. "Insya Allah, awal Agustus sudah bisa di tempati pedagang," tuturnya.

Hanya saja, kata dia, tempatnya sudah tidak menggunakan pintu lagi dan dibiarkan terbuka dimana hanya meja saja yang berpintu, untuk pedagang memasukkan barang-barang dagangannya.

Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Bina Marga, SDA dan ESDM Kota Singkawang, Iskandar Zulkarnain sebelumnya mengatakan, pembanguan bundaran jembatan agen baru akan dimulai setelah Lebaran.

"Mungkin selesai lebaran tahapan pembangunan baru bisa di mulai," kata Zulkarnaen.

Menurut Zulkarnaen, untuk urusan kios-kios yang berdiri di atas lahan simpang Sekip Lama (lahan yang akan di bangun bundaran) juga sudah klear.

"Untuk kios urusannya sudah selesai di Disperindagkop. Dan lokasi pemindahan PKL nya pun sudah disiapkan," katanya.

Menurutnya, pembangunan bundaran di jembatan agen baru menggunakan APBD Singkawang senilai Rp2 miliar.

"Dan kita optimis, dengan adanya bundaran di jembatan agen baru itu nanti, akan membuat Kota Singkawang semakin indah dan membawa perubahan ketika orang datang ke Singkawang," kata Zulkarnain.  
(KR-RDO/E001)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016