Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Direktur 1 Bidang Akademik Politeknik Negeri Sambas, Yuliansyah,SE,ME mengatakan pada tahun ajaran 2016/2017 pihaknya menerima sebanyak 435 mahasiswa baru.

"Tahun ini kuota penerimaan mahasiwa baru diperbanyak dari tahun sebelumnya dalam rangka peningkatan akses dan kesempatan masyarakat untuk melanjutkan studi pada jenjang pendidikan tinggi," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Sabtu.

Yuliansyah menyampaikan bahwa saat ini animo masyarakat untuk kuliah di Polteknik Negeri Sambas cenderung semakin meningkat lantaran dampak dari status Politeknik yang sebelumnya swasta dan kini sudah menjadi perguruan tinggi negeri di bawah Kemristek Dikti.

"Diharapkan kehadiran Poltek ini dalam jangka panjang dapat meningkatkan IPM Kabupaten Sambas maupun Kalbar serta mendekatkan pelayanan pendidikan tinggi. Lebih dari itu kita ingin menjadi pelaku MEA yang kompetitif dalam konteks kesiapan SDM," tuturnya.

Untuk penerimaan mahasiswa baru dikatakanya melalui tiga skema yakni PMDK, UMPN Nasional dan UMPN mandiri. Saat ini menurutnya sudah memasuki tahap UMPN mandiri.

Adapun alokasi penerimaan mahasiswa baru dari sembilan progaram studi yakni Program DIV Akuntansi sebanyak 60 mahasiswa baru, Teknik Multimedia (60), Agroindustri Pangan (60), Teknik Mesin Pertanian (25), Manajemen bisnis pariwisata (30) dan Agribisnis perikanan (30). Sedangkan untuk Program DIII Prodi Manajemen informatika sebanyak (60), Agrobisnis (60) dan Teknik mesin 50 mahasiswa.

"Untuk perkuliahan tahun akademik 2016/2017 pada tanggal 1 September 2016. Hingga saat ini untuk total mahasiswa kita yang aktif sudah mencapai 761 orang," kata dia.


(U.KR-DDI/E001)

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016