Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 16 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kota Pontianak mengikuti Pameran Hasil Karya Siswa SMK Pontianak Tahun 2016 di Pontianak Convention Center.
  
Pameran yang dimulai dari Selasa (26/7) hingga Jumat (29/7) itu menampilkan berbagai produk dan karya ratusan siswa. Salah satunya adalah batik karya siswa dari Jurusan Kriya Tekstil SMKN 6 Pontianak.
 
Siswa dari jurusan ini, selama pembuatan batik dipandu oleh guru pendamping agar menghasilkan karya yang berkualitas dan terjamin. Selama proses membatik, alat yang dibutuhkan antara lain canting cap, meja cap, stik besi, wajan dan kompor. Selain itu, juga ada lilin klowong, lilin tembo, soda abu dan garam biru BB.    
 
Harga yang ditawarkan dari batik ini bervariasi. Mulai dari Rp200 ribu hingga Rp300 ribu, sesuai dengan motif dan ukuran kain.

Sementara dari SMKN 3,  menampilkan karya siswa jurusan Pemasaran. Seperti baju T-DAY, yakni baju yang bercorak. Bagi mereka baju ini sangat nyaman untuk dipakai sehari-hari atau bersantai. Harga satuan baju ini tidaklah terlalu mahal yakni di kisaran Rp50 ribu per helai.
   
Di stand SMKN 9 Pelayaran Pontianak, tampak sejumlah mesin. Diantaranya mesin turbin dan generator yang berfungsi sebagai cerobong asap di kapal. Ada juga sextant, yakni alat untuk navigasi di kapal.

Desain bangunan yang diolah kembali melalui program di komputer ditampilkan oleh siswa dari  SMKN 8 Pontianak.  SMKN 8 Pontianak memiliki empat jurusan yaitu Teknik Gambar Bangunan, Desain Komunikasi Visual, Pemasaran dan Akuntansi. Untuk saat ini, yang mereka ikutkan di pameran adalah dari jurusan Teknik Gambar Bangunan.
   
Sementara SMKN 5 Pontianak, menampilkan karya siswa dari Jurusan Tata Boga, Tata Kecantikan, Tata Busana dan Akomodasi Perhotelan. Dari jurusan Tata Boga, mereka menyajikan sebuah kue lokal. Kue ini hasil racikan bersama guru sehingga rasanya enak dan gurih.

Di bidang otomotif, SMK Bina Utama menampilkan hasil karya siswa jurusan Teknik Sepeda Motor. Motor yang ditampilkan hasil rakitan siswa meski belum terlalu sempurna. Sedangkan siswa SMK Santa Maria dari jurusan Pemasaran menawarkan berbagai komputer dan lain sebagainya.
   
SMK Mandiri yang terletak di Jalan Tanjung Raya II menampilkan berbagai anyaman dari akar keladi air. Seperti vas bunga, hiasan meja dan sejenisnya.



*Siswi magang SMKN 6 Pontianak

Pewarta: *Sandra

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016