Sukadana (Antara Kalbar) - Sebanyak 200 pelajar dari 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Barat akan mengikuti upacara HUT ke-71 RI berbagai kegiatan kemaritiman di Pulau Karimata, Kabupaten Kayong Utara
   
Bupati Kayong Utara Hildi Hamid mengatakan, terkait hal itu, pihaknya telah meminta bantuan Badan SAR Nasional (Basarnas)Kalbar untuk mengangkut mereka menggunakan armada kapal SAR.
   
Ia melanjutkan, permintaan bantuan pengamanan dan peminjaman kapal SAR ini diajukan Pemkab Kayong Utara melalui surat resmi pada 5 Agustus yang lalu. Dalam surat nomor 489/1716/Umum, Bupati Kayong Utara mengharapkan dukungan SAR Kalbar untuk kelancaran kegiatan ini.
   
Upacara tersebut rencanananya akan dihadiri perwakilan kementrian dan lembaga dengan jumlah peserta diperkirakan mencapai 500 orang. Instruktur upacara dipimpin Dr Safri Burhanudin, Deputi Bidang Koordinasi SDM, IPTEK dan Budaya Maritim. Rombongan kementrian dan lembaga ini, akan bertolak ke pulau Karimata pada tanggal 15 Agustus dari Pelabuhan Sukadana.     Lokasi upacara di lapangan bola Desa Padang Kecamatan Kepulauan Karimata.
   
Dari pihak Kementerian Koordinator Bidang Maritim, Rofi Alhanif mengatakan telah meminta secara resmi kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar, untuk mengundang mereka. "Nanti fasilitas akomodasi dari Sukadana ke Karimata akan kita siapkan," jelasnya.
   
Selain para pelajar ini, Kementrian Koordinator Bidang Maritim juga akan mengirim 50 pemuda maritim yang direkrut sebelumnya. Pemuda maritim ini merupakan perwakilan mahasiswa seluruh Indonesia, yang akan melakukan kegiatan bakti sosial di Pulau Karimata. "Mereka akan tiba di Karimata sekitar 15 Agustus," jelasnya lagi.
   
Sementara itu, lagu kebangsaan Indonesis Raya terdengar begitu bersemangat dinyanyikan 43 pelajar SMP Kepulauan Karimata. Mereka akan menjadi kelompok paduan suara untuk HUT ke-71 RI . "Saya bangga, karena kelak kalian adalah generasi penerus bangsa ini untuk memajukan Pulau Karimata," ucap Hildi memberikan semangat kepada para pelajar.
   
Masih dengan mengenakan seragam sekolah putih biru, para pelajar yang dilatih ini juga akan menyanyikan lagu-lagu wajib lainnya. Upacara HUT RI yang menjadi salah satu agenda Sail Selat Karimata 2016. Melihat semangat siswa yang begitu lantang menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hildi juga berjanji kepada mereka untuk membelikan seragam baru dan sepatu untuk mereka kenakan pada saat upacara.
   
Untuk memastikan kesiapan pelaksanaan kegiatan ini, Hildi langsung memimpin koordinasi dengan pemerintah desa Padang dan masyarakat yang ada di sana. Banyak hal menurutnya, harus disiapkan untuk kegiatan sebesar ini mulai dari infrastruktur pendukung hingga kesiapan masyarakat. "Lokasi upacara sudah kita siapkan, penginapan peserta juga akan menggunakan rumah penduduk yang dijadikan rumah tinggal. Kalau masih kurang, kita sudah menyiapkan 21 tenda milik BPBD," kata Hildi.
.


Pewarta: Doel Wibowo/Jumadi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016