Putussibau (Antara Kalbar) - Kepala Bandar Udara Pangsuma Putussibau, Kapuas Hulu, Hariyanto mengungkapkan ada beberapa pembangunan yang sedang dilaksanakan di bandara tersebut pada tahun ini, salah satunya pembangunan perluasan Apron.

"Apron atau tempat parkir pesawat di bandara Pangsuma kita itu awalnya hanya 80x80, sekarang luasnya ditambah menjadi 140x80 meter, dan sedang dibangun," kata Hariyanto di Putussibau, Rabu.

Dia mengatakan, pembangunan tersebut dibiayai dari dana APBN dari Kementerian Perhubungan, dengan pagu dana kurang lebih Rp8 miliar. Selain itu, gedung pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKPPK) saat ini juga sedang dibangun. Bangunan sebelumnya terlalu kecil sehingga diperluas lagi, sekalian dengan pelebaran parkir.

"Untuk tahun ini hanya dua pekerjaan tersebut, namun sebenarnya masih ada beberapa yang harus dibenahi pada Bandara Pangsuma Putussibau," jelas Hariyanto.

Dijelaskan Hariyanto, pihaknya telah mengusulkan pembangunan pagar bandara, sebab pagar yang saat ini berdiri tidak memenuhi standar pagar bandara yang sebenarnya. Saat ini ketinggian pagar Bandara hanya 2,2 meter sedangkan pagar standar bandara mestinya 2,4 meter.

Terkait landasan pacu beserta sejumlah fasilitas yang lainnya, menurut Hariyanto sudah standar penerbangan ATR 72, sehingga fasilitas yang ada masih memungkinkan. 

(KR-TFT/N005)

Pewarta: Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016