Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengimbau seluruh masyarakatnya untuk segera memasang bendera Merah Putih, untuk menyemarakkan peringatan HUR RI ke-71 tahun ini.

"Jika masih ada masyarakat yang belum memasang bendera, kita imbau agar segera memasangnya sebagai bentuk apresiasi dan kebanggaan atas kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Minggu.

Dia menjelaskan, pemasangan bendera bukan hanya karena momentum merayakan hari kemerdekaan, tapi memang karena bentuk nasionalisme sebagai warga negara yang baik.

"Saya kira ini bukan soal momentum, tapi sangat wajar kita sebagai warga bangsa mempunyai rasa bangga terhadap negara kita. Nah ekspresinya bagaimana kita memperingati hari bersejarah ini, salah satu bentuknya dengan memasang bendera," tuturnya.

Rusman Ali juga berharap, siapapun itu tanpa terkecuali, sebagai warga negara dan masyarakat Indonesia, khususnya di Kubu Raya harus mengekspresikan rasa bangga dengan memasang semua bendera sebagai bentuk penghormatan kepada perjuangan bangsa.

Karena dengan itu, membuktikan bahwa masyarakat sadar sebagai warga negara, untuk itulah kepada semua pihak untuk jangan acuh-acuh saja terhadap norma-norma yang harus ditunjukkan sebagai warga negara yang baik.

"Untuk itu saya harapkan kepada seluruh masyarakat Kubu Raya tanpa terkecuali yang mempunyai , rumah pribadi, rumah sewa, kontrakan, rumah kos dan toko wajib memasang bendera merah putih, termasuk kantor-kantor, baik kantor pemerintahan maupun swasta," katanya.

Menurut Rusman Ali, dengan cara memasang bendera terutama dalam sepekan terakhir ini atau selama bulan Agustus, menunjukan kepada dunia bahwa sebagai warga negara bangga atas kemerdekaan dan salah satu cara untuk selalu memupuk dan menumbuhkan serta menjaga nasionalisme.

"Dengan cara ini kita menunjukan kebanggaan kita sebagai warga negara yang baik dan sekaligus kita harus terus menjaga dan memelihara serta selalu menumbuhkan jiwa nasionalisme kita jangan sampai pudar," kata Rusman Ali. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016