Pontianak (Antara Kalbar) - Ketua Tim Penggerak PKK Kalimantan Barat, Frederika Cornelis mewajibkan seluruh tim penggerak PKK yang ada di jajarannya untuk memanfaatkan pekarangan rumah, demi mendukung program ketahanan pangan nasional.

"Seluruh anggota TP PKK Kalbar sudah saya wajibkan untuk memanfaatkan pekarangan rumah mereka untuk bercocok tanam. Ini harus dilakukan agar bisa menjadi contoh bagi masyarakat sekitar," kata Frederika di Pontianak, Minggu.

Dia mengatakan, paling tidak pekarangan rumah ditanami dengan tanaman penunjang pangan seperti cabe, tomat, terong atau buah-buahan.

"Kan sayang, kalau lahan yang ada tidak dimanfaatkan. Paling tidak kita bisa mendapatkan cabe gratis dari pekarangan kita sendiri dimana kita tahu, saat ini harga cabe sedang mahal-mahalnya," tuturnya.

Untuk menyemangati para anggota TP PKK Kalbar, katanya, dirinya telah kerap melakukan lomba dan memberikan penghargaan kepada anggota yang memenuhi kriteria.

"Tiap tahun selalu kita laksanakan lomba, dengan harapan pekarangan rumah para anggota kita bisa semakin asri dan memberikan manfaat lebih dalam menunjang perekonomian keluarga," katanya.

Menurutnya, untuk mendukung program ketahanan pangan Nasional, harus dimulai dati pekarangan rumah terlebih dahulu.

"Haru dimulai dari lingkungan keluarga. Jika semuanya bisa bergerak masif, tentu ini akan memberikan dampak yang luar biasa bagi menunjang kebutuhan pangan kita," kata Frederika.

Dirinya menambahkan, Kalbar memiliki lahan yang sangat potensial semua bisa di manfaatkan dan ditanami sesuai dengan yang di inginkan.

Terkait hal itu, TP PKK Prov Kalbar dalam beberapa tahun terakhir sudah melakukan beberapa contoh kebun percontohan, yang terakhir di lakukan di kebun percontohan di Kabupaten Landak, hasil cukup memuaskan. Berbagai macam tanaman, seperti melon, pare, cabe dan sebagainya bisa di tanam dan di panen sesuai dengan harapan.

Untuk itu dirinya berharap masyarakat bisa memanfaatkan lahan-lahan pekarangan yang kosong jangan dibiarkan lahan menjadi tidur, paling tidak bisa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi keluarga.

"Terutama bagi TP PKK di seluruh Kalbar di harapkan dapat menjadi contoh utama dalam masyarakat agar memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong," katanya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016