Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali meminta tenaga pendidik yang ada di kabupaten itu memperkuat pondasi pendidikan anak sejak dini dengan menanamkan nilai keagamaan dan moralitas yang baik.

    "Seiring dengan pertumbuhan dan kemajuan teknologi di era globalisasi saat ini, sangat dibutuhkan pondasi pendidikan anak-anak yang berkualitas sejak dini. Untuk itu, diharapkan tenaga pendidik, khususnya para guru paud, dapat memperkuat pondasi pendidikan tersebut," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Sabtu.

   Dia mengatakan, begitu pentingnya upaya peningkatan kualitas pendidikan baik kuantitatif maupun kualitatif yang secara kontinuitas dilakukan, sehingga dapat digunakan sebagai wahana dalam membangun watak anak-anak sejak dini.

    "Saya tegaskan bahwa pendidikan anak usia dini sangatlah penting, terutama di Kubu Raya saat ini kita memiliki banyak lembaga pendidikan PAUD, ini suatu bentuk bahwa masyarakat kita masih sangat peduli pada pendidikan anak-anak kita dengan segala ciri khasnya masing-masing," tuturnya.

    Dijelaskan Rusman Ali, keberhasilan pelaksanaan pembelajaran anak usia dini, semua itu tidak terlepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah kemampuan yang dimiliki oleh guru PAUD itu sendiri.

   Guru merupakan unsur utama dalam keseluruhan proses pendidikan baik ditataran institusional maupun instruksional. Tanpa guru, pendidikan hanya akan menjadi slogan muluk karena segala bentuk kebijakan dan program pada akhirnya akan ditentukan oleh kinerja guru.

    Terkait hal itu, lanjutnya, guru berperan penting dalam mencerdaskan anak dengan berbagai karakteristik usianya, dan ia merupakan komponen paling menentukan dalam sistem pendidikan, sebagai figur dan menjadi sorotan strategis ketika berbicara masalah pendidikan, karena ia sangat berpengaruh dalam proses dan keberhasilan peserta didik.

   "Saya titipkan kepada para guru paud agar meletakan pondasi karakter, moral, akhlak dan perilaku anak-anak sejak dini dengan sangat baik. Karena di PAUD ini mereka mulai dibentuk selain pendidikan di keluarganya," katanya.

    Rusman Ali menyampaikan terimakasihnya atas dedikasi para guru-guru PAUD yang dengan segala keterbatasan fasilitas dan dengan penuh keikhlasan mendampingi, mendidik dan mengajari anak-anak Kubu Raya ini sejak usia dini.

    Dikatakan Rusman Ali, guru PAUD adalah beranda depan dalam meletakan fondasi pemikiran, pergaulan dan tatakrama seorang anak. Karena mendampinginya sejak usia dini.

    "Saya juga mengharapkan kepada para guru paud agar jangan sesekali dan jangan pernah membedakan perlakuan kepada anak-anak," kata Rusman Ali.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016