Mempawah (Antara Kalbar) - Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Kalbar melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) menyalurkan bantuan kepada pengelola Mempawah Mangrove Park sebesar Rp100 juta.

"Bantuan melalui PSBI untuk pembangunan Mempawah Manggrove Park dalam rangka pengembangan ekowisata di Kalbar khususnya di Kabupaten Mempawah," ujar Kepala KPw BI Kalbar, Dwi Suslamanto saat penyerahan bantuan di Mempawah, Selasa.

Dwi menjelaskan di era ekonomi makro yang saat ini tidak memberi kepastian, pengembangan eko wisata satu di antara solusi tepat untuk pengembangan ekonomi di Kalbar.

"Sudah saatnya era komoditas mulai kita tinggalkan menginggat keberlansunganya sangat terbatas. Kalbar merasakan sendiri dalam beberapa tahun ini di saat harga komoditas jatuh," tuturnya.



Ia menjelaskan bahwa dengan adanya pengembangan sektor pariwisata akan memberikan dampak yang luas bagi sektor lainnya.

"Multiplayer effect pariwisata berdasarkan pengembangan wisata di daerah lain sangat banyak. Contohnya dengan adanya pariwisata transaksi akan ada , UMKM tumbuh, lapangan kerja terbuka, sektor perdagangan begeliat dan lainnya," katanya.

Ia berharap dengan bantuan dari BI kepada Mempawah Manggrov Concervation (MMC) bisa memberikan manfaat luas untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di sekitar ekowisata Mempawah Manggrove Park.
Dalam peresmian Mempawah Manggrove Park tersebut lansung dihadiri dan diresmikan oleh Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana dan sejumlah SKPD terkait dan beberapa komunitas yang peduli lingkungan.
Save

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016