Pontianak (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis melantik Kepala Dinas PU Kalbar Jakius Sinyor sebagai Penjabat (Pj) Bupati Landak sehubungan dengan berakhirnya masa jabatan Adrianus Asia Sidot.

"Pelantikan ini dilaksanakan untuk memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan dalam menjalankan fungsi pemerintahan di daerah yang tidak boleh kosong," kata Cornelis saat melantik Jakius Sinyor di Ngabang, Selasa. 

Pelantikan itu juga dilakukan karena pelaksanaan Pilkada Landak baru akan dilakukan pada tahun 2017 sehingga akan ada kekosongan jabatan bupati sampai Maret 2017.

Cornelis mengharapkan Jakius Sinyor bisa langsung bekerja dan tidak keluar dari tugas dan tanggung jawabnya.

"Salah satu tugas yang harus dilakukan Pj Bupati Landak ini adalah menyiapkan pelaksanaan Pilkada Landak agar bisa berjalan dengan baik, lancar, jurdil, dan aman," tuturnya.

Selain itu, Jakius Sinyor diharapkan bisa mengintensifkan kerja sama dengan DPRD Landak dan pihak terkait lainnya dalam penyusunan APBD Landak 2017.

"Penyusunan APBD itu harus bisa selesai pada November nanti. Karena kalau sampai terlambat, tentu ada sanksi dari pemerintah pusat," katanya.

Pada kesempatan itu juga, Cornelis mengucapkan terima kasih kepada Bupati Landak Adrianus Asia Sidot dan wakilnya Heculanus Heriadi yang telah menjalankan roda pemerintahan di Landak dengan sangat baik selama ini.

Ia menilai selama menjalankan pemerintahan di Landak, kedua tokoh tersebut sudah berbuat maksimal dan cukup banyak membawa perubahan di Kota Intan tersebut.

"Demikian dengan Ketua PKK dan jajarannya yang selama ini juga sudah sangat membantu pemerintah dalam menjalankan program PKK. Mudah-mudahan semua kinerjanya dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Cornelis.

Di tempat yang sama, Jakius Sinyor mengatakan dirinya siap menjalankan tugas dan kewajiban yang telah dipercayakan Gubernur Kalbar kepada dirinya.

"Ini tentu menjadi amanah yang harus saya jalankan karena sudah diberi kepercayaan untuk menjabat sebagai Pj Bupati Landak. Yang jelas, saya akan menjalankan semua program yang sudah ada, dan sesuai dengan tugas saya," katanya. 
 
Sementara itu, mantan Bupati Landak Adrianus mengharapkan agar Pj Bupati Landak bisa menjalankan semua program yang sudah ada, khususnya dalam mengawal pelaksanaan Pilkada Landak, agar ke depan bisa menghasilkan Bupati Landak yang lebih baik dan bisa membawa perubahan yang lebih baik lagi di kabupaten itu.

"Saya juga meminta maaf jika selama saya menjabat masih terdapat berbagai kekurangan. Terima kasih juga kepada semua jajaran pemerintahan yang sudah membantu kami selama ini," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016