Pontianak (Antara Kalbar) - "Wonderful Indonesia Festival" yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata di Kecamatan Sajingan Besar Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, yang merupakan perbatasan Indonesia-Malaysia sejak 17-18 September 2016 sukses.

"Pelaksanaan `Wonderful Indonesia Festival` di wilayah perbatasan Kabupaten Sambas sebagai lokasi kegiatan merupakan strategi untuk menarik kunjungan wisatawan dari negara tetangga," ujar Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana di Sambas, Minggu.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut dalam rangka memperkenalkan khazanah budaya yang beraneka ragam di Kabupaten Sambas.

"Paling penting juga dengan kegiatan ini adalah perekonomian masyarakat perbatasan khususnya warga Kecamatan Sajingan Besar sangat diuntungkan," katanya.

Ia menjelaskan, dengan masuknya wisatawan baik lokal maupun dari luar negeri membawa dampak positif karena aktivitas jual- beli dan kunjungan wisatawan dipastikan meningkat.

"Saya yakin masyarakat perbatasan sangat antusias dengan terselenggaranya kegiatan ini dan dengan keramahtamahan warga Sambas dan potensi wisata yang ada diharapkan wisatawan akan kembali datang ke perbatasan," kata dia.

Dalam festival tersebut masyarakat sekitar dan di luar Sajingan melimpah ruah menyaksikan pagelaran mempromosikan wisata Indonesia. Pejabat pemerintah hadir menyaksikannya.

Adapun rangkaian acara tersebut antara lain pagelaran kesenian tradisional Dayak, bazaar kuliner dan multiproduk serta lomba-lomba daerah dengan mengedepankan kekayaan seni budaya tradisional serta memperkenalkan keanekaragaman kuliner Indonesia khususnya Kabupaten Sambas. 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016