Pontianak (Antara Kalbar) - Kamar hotel maupun penginapan yang ada di Kota Ketapang, dan Kabupaten Kayong Utara pekan depan habis dipesan tamu berkaitan dengan kegiatan Sail Karimata 15 Oktober 2016.

Para tamu itu, umumnya dari luar negeri dan Pulau Jawa yang sudah memesan kamar hotel sejak bulan Agustus lalu. Pemilik hotel sekalian Manager Hotel Borneo Emeral Ivan saat dihubungi di Pontianak, Sabtu mengatakan, semua kamar di hotelnya sudah penuh karena pejabat, pihak kementrian dan para tamu undangan lainnya yang berasal dari luar untuk menghadiri pembukaan Sail Karimata 2016 di Kayong Utara.

"Pemesanan hotel, langsung membayar di muka sehingga para pemilik hotel tidak berani menerima tamu lain. Hanya saja, bagi masyarakat dari seluruh penjuru dunia yang ingin menyaksikan kegiatan itu, Pemerintah Kayong Utara maupun masyarakat, telah menyediakan rumah-rumah penduduk untuk dijadikan sebagai tempat menginap dengan harga relatif," kata dia.

Lebih lanjut Ivan mengatakan memang saat ini kamar hotel di Ketapang, seperti Hotel Aston, Hotel Onyx dan lainnya sudah terisi semua. "Sudah dibayar oleh tamu jauh jauh hari sebelum puncak acara dimulai," ujar dia.

Sebelumnya harga kamar untuk kelas superior pada hari biasa hanya Rp348 ribu permalam, saat ini menjelang kegiatan Sail Karimata 2016. Kamar Superior naik menjadi Rp450.000, sedangkan Kamar VIP hari biasa hanya Rp500.000 permalam, saat ini naik menjadi Rp1 juta per malam itupun pada saat pelaksanaan sail karimata tanggal 14 - 15 Oktober 2016.

Ia berharap ke depan, bukan hanya saat acara Sail Karimata saja. Melainkan pemerintah juga mewacanakan kegiatan seperti pameran wisata dan budaya yang berkala nasional untuk menarik minat pengunjung yang datang ke Kabupaten Ketapang.

Ketapang merupakan kota transit ke Kayong Utara menggunakan jalur udara. Jarak dari Kota Ketapang ke Kayong Utara sekitar 100 kilometer dengan waktu tempuh dua jam perjalanan.

Sejumlah maskapai menambah frekuensi penerbangan ke Ketapang terkait Sail Selat Karimata 2016 yang dipusatkan di Sukada, ibukota Kabupaten Kayong Utara.

Pewarta: Teguh Imam Wibowo dan Yopi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016