Pontianak (Antara Kalbar) - Humas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Fatma Puspitasari mengharapkan pemerintah kabupaten Kayong Utara bisa memanfaatkan peluang Sail Karimata untuk memaksimalkan potensi kemaritiman dan wisata.

    "Potensi pariwisata Kalimantan amat besar, khususnya Kayong Utara, yang menjadi lokasi pelaksanaan Sail Karimata 2016. Kita harapkan, pemda bisa memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan potensi maritim yang ada," katanya di Kayong Utara, Jumat.

    Dia menjelaskan, Sail merupakan kegiatan tahunan yang digagas oleh Kemenko Maritim dan beberapa kementerian lainnya yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi laut yang ada dan mempercepat pembangunan di daerah pesisir.

    Menurutnya, Kalimantan memiliki potensi luar biasa untuk menarik semakin banyak lagi devisa negara, melalui sektor wisata.

    Provinsi Kalimantan Barat bersama Jambi, Bangka Belitung dan Kepulauan Riau menjadi tuan rumah event Sail Selat Karimata 2016.

    Event Sail tahunan yang telah memasuki tahun kedelapan, dimana acara puncak Sail Selat Karimata dipusatkan di Kabupaten Kayong Utara. Kegiatan Sail diproyeksikan sebagai kegiatan yang menarik minat para yachters seluruh dunia untuk menyingkap keindahan ekologi dalam wisata petualangan.

    "Sebagian besar Kabupaten Kayong Utara adalah wilayah konservasi," tuturnya.

    Pantai Pulau Datok yang menjadi lokasi acara puncak adalah bagian dari Taman Nasional Gunung Palung, dimana kecantikan alami kawasan ini baik yang berada dalam lingkungan taman nasional maupun yang berada di pulau-pulau di Selat Karimata menyimpan potensi wisata luar biasa.

    Menurutnya lagi, perbaikan infrastruktur jalan dan pasokan listrik adalah tantangan yang dihadapi Kayong Utara. Secara bertahap perbaikan sudah dikerjakan seiring dengan persiapan pelaksanaan Sail Selat Karimata.

    Selanjutnya, pemerintah daerah harus mengambil peran besar dalam promosi wisata. Meskipun nantinya akan dikemas sebagai wisata ekologi dan petualangan, tetap perlu ditopang dengan akses transportasi, perbaikan fasilitas umum melalui infrastruktur yang memadai.

    "Kita yakin, pariwisata bisa menggerakkan ekonomi rakyat. Harapan ini di kembangkan dalam satu kiat pemberdayaan masyarakat lewat pengembangan pariwisata yang berbasis kerakyatan," katanya.

    Kalimantan Barat dengan bermacam wisata budaya serta keindahan wisata alam, dan beragam masakan yang memiliki cita rasa istimewa.

   Semua potensi yang selayaknya dapat menjadi aset untuk menyejahterakan masyarakat. Industri pariwisata seperti semua industri lainnya memang memiliki pasang-surut serta tren yang senantiasa berubah.

   Tetapi wisata ekologi dan petualangan memiliki peminat loyal yang senantiasa menginginkan tantangan, sekaligus wisata yang menyatu dengan alam.

   "Kayong Utara memiliki semuanya. Taman Nasional, keunikan alam bawah laut Selat Karimata, kelezatan masakan laut dengan cita rasa asli tak akan terlupakan," kata Fatma.

   Untuk memaksimalkan potensi wisata tersebut, lanjutnya, sumber daya manusia juga perlu dipersiapkan, pemandu wisata, pelatihan selam dan fasilitasnya perlu disiapkan untuk menikmati ragam obyek menarik berada dibawah laut.

   Olahraga bahari sangat bisa dikembangkan di propinsi-propinsi yang menjadi lokasi Sail Selat Karimata.

    "Kayong Utara, Kalimantan Barat menyimpan potensi yang luar biasa, mungkin tahun ini para pelancong akan mengunjungi Kalimantan Barat dalam rangkaian acara Sail Selat Karimata, tapi masih banyak yang bisa dinikmati di Kalimantan Barat.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016