Pontianak (Antara Kalbar) - Carron Angel, dari SMP St Petrus menjadi suara pertama sekaligus favorit Peace Poster Contest (PPC) yang digelar Lions Club di Pontianak.
    Sedangkan untuk kategori umum, juara pertama Fadila Ulfa Najwa dari SD Bina Mulia. Peace Poster Contest atau Lomba Poster Perdamaian ditujukan untuk menanamkan paham perdamaian sejak dini kepada anak-anak. PPC merupakan kegiatan yang digelar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang disalurkan melalui Lions Club di seluruh dunia.
    Hal tersebut disampaikan Lion Yahya Yastputera, Gubernur Distrik 307-B1 Lions Club Indonesia, usai pelaksanaan PPC di Showroom Anzon Autoplaza, Jl Ahmad Yani Pontianak, Minggu (16/10).
   Ia menambahkan, PPC dilaksanakan sejak 1988 pada tingkat internasional, di Indonesia sudah sejak 1990. Indonesia pernah satu kali juara dunia pada 1992, serta lebih dari 10 kali mendapatkan penghargaan di tingkat internasional. "Lomba ini sangat baik untuk generasi muda, menanamkan perdamaian dari awal, hanya melalui Lions Club di seluruh dunia," katanya.
    Terkait batasan usia peserta 11-13 tahun, menurutnya tentu sudah berdasarkan survei. "Anak usia 11-13 tahun sudah dapat menerima apa itu arti perdamaian. Pada umurnya, mereka mulai mencari jati diri dan lingkungannya. Kami ingin yang pertama tanamkan itu ke mereka. Usia yang tepat untuk tunjukkan arti perdamaian pada mereka," jelasnya.
    Menurutnya, kegiatan menggambar hampir semua anak suka, karenanya paham perdamaian disampaikan melalui media tersebut. Tema kegiatan setiap tahunnya pun selalu mengandung kata perdamaian (peace).
    "Seperti tema tahun ini, Celebration of Peace. Kami menyambut 100 tahun Lions Club pada 2017. Setidaknya dengan lomba ini anak-anak sedikit banyak mulai mengetahui paham perdamaian, dengan waktu mereka merencanakan gambar untuk apa sih perdamaian itu. Anak-anak pun dapat mencari referensi karya pemenang periode lalu di www.lionsclubs.org," katanya.
    Usai pelaksanaan PPC tingkat club di Pontianak, PPC tingkat club di Jakarta dan sekitarnya akan digelar Sabtu, 22 Oktober. Karya terbaik akan dipilih juaranya pada tingkat distrik. Lalu dari empat distrik dipilih satu yang mewakili Indonesia (tingkat multi distrik) pada 20 November dan dikirim ke Internasional pada 15 Desember. Keputusan tingkat internasional diumumkan pada 15 Januari 2017.
    Lions Monik Angelia, ketua panitia PPC tingkat club di Pontianak bersyukur lomba telah berjalan baik dan lancar. "Meski target peserta menurun, karya yang dihasilkan bagus-bagus, juga sesuai dengan tema," ujarnya.
    "Lima karya (Juara 1-Harapan2) akan dikirimkan ke tingkat Distrik, sesuai jumlah klub Lions di Pontianak. Kami harap, ada karya yang dapat lolos di tingkat distrik, seperti tahun sebelumnya. Bahkan, kalau bisa hingga tingkat internasional. Kami berterimakasih pada Anzon Autoplaza dan semua pihak yang mendukung kesuksesan acara," pungkasnya.
    Ini hasil lengkap PPC tingkat club Pontianak. Kategori PPC: Juara 1 dan Favorit Carron Angel (SMP St Petrus), Juara 2 Hanny Adelia Wijaya (SMP St Petrus), Juara 3 Rishell Halim (SD Pelita Cemerlang), Harapan 1 Louisenxius Pangestu (SD Immanuel 1), Harapan 2 Jonathan Rafael (SD Gembala Baik 1), serta Harapan 3 Tita Aulia Muslim (SMP 17). Kategori Umum: Juara 1 Fadila Ulfa Najwa (SD Bina Mulia), Juara 2 Viony Victoria (SD Bina Mulia), dan Juara 3 Stephanie Jesslyn (SD Karya Yosef).

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016