Singkawang (Antara Kalbar) - Satuan Lalu Lintas Polres Singkawang akan melaksanakan Operasi Zebra di wilayah hukumnya.

"Operasi Zebra ini akan kita gelar selama dua minggu, dari tanggal 16 sampai 29 November," kata Kasat Lantas Polres Singkawang, Iptu Fauzan, Selasa.

Menurut Fauzan, ada sebanyak 50 personil gabungan dari Satlantas, Dishubkominfo, Jasa Raharja dan Dispenda yang terlibat dalam operasi ini.

Adapun titik-titik yang akan menjadi sasaran razia, katanya, akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi mengingat Kota Singkawang juga sedang berhadapan dengan tahapan Pilkada.

"Kita berharap sama-sama bisa berjalan, namun tidak mengganggu aktivitas para calon yang akan melaksanakan kampanye," ujarnya.

Dalam penerapannya di lapangan, tim gabungan akan melakukan penegakan hukum 80 persen, tindakan preventif 10 persen dan preemtif 10 persen.

"Namun, kita juga tetap mengedepankan sikap humanis kepada masyarakat, dan tidak lupa menyisipkan sikap senyum sewaktu giat razia di jalan raya," tuturnya.

Terkait akan digelarnya razia itu, dirinya mengimbau agar pengendara segera melengkapi kendaraannya seperti kaca spion, helm SNI, serta surat menyurat kendaraan. Sedangkan untuk pengendara roda empat, disamping melengkapi alat kendaraan dan surat menyurat, diingatkan untuk tidak membawa muatan yang berlebihan.

Fauzan juga berpesan, jadilah pelopor keselamatan bagi dirinya sendiri dalam berlalu lintas.

Sementara Wakil Kepala Polres Singkawang, Kompol Dhani Catra Nugraha mengatakan, sasaran razia dalam operasi Zebra ini adalah berbagai pelanggaran lalu lintas demi menciptakan Kamseltibcar di jalan raya. 

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016