Pontianak (Antara Kalbar) - Penyaluran dana operasional Pemerintah Kota Pontianak untuk RT dan RW dalam waktu dekat dilakukan secara elektronifikasi melalui PT Bank Kalbar, kata Wali Kota Pontianak, Sutarmidji.

"Hari ini kita telah melakukan sosialisasi program elektronifikasi penyaluran dana operasional kepada RT dan RW di Kota Pontianak," ujar Wali Kota Pontianak, Kamis.

Sebelum sosialisasi dalam waktu bersamaan dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Pemerintah Kota Pontianak, KPw BI Provinsi Kalimantan Barat dan PT BPD Kalimantan Barat tentang elektronifikasi tersebut.

Dalam kesempatan itu juga seluruh peserta sosialisasi yang terdiri 300 RT/RW di Pontianak diberikan sosialisasi mengenai program inklusi keuangan, GNNT dan Pengelolaan Keuangan oleh Bank Indonesia. Lanjutnya juga ada sosialisasi mengenai mekanisme pembukaan rekening untuk Pengurus RT dan RW oleh Bank Kalbar.

Sementara itu Kepala KPw BI Kalbar, Dwi Suslamanto mengatakan pihaknya sebagai bagian dari pendorong inklusi keuangan mengapresiasi langka Pemkot Pontianak.

"Kami memberikan apresiasi kepada Pemkot Pontianak yang sangat konsisten berupaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel salah satunya dengan mendorong penerapan e-payment dan ada elektronifikasi. Kami juga mengapresiasi PT BPD Kalbar yang senantiasa mendukung program inklusi keuangan dan GNTT," katanya.

Terkait sosialisasi pihaknya dari BI yang juga terlibat mengatakan guna meningkatkan pemahaman terhadap program eletronifikasi melakukan sosialisasi kepada seluruh Pengurus RT dan RW se-Kota Pontianak.

"Mengingat jumlah peserta yang mencapai Iebih dari 3000 orang maka sosialisasi akan dilakukan dalam 10 tahap sejak hari ini sampai dengan tanggal 25 November 2016 mendatang," kata dia.


Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016