Kubu Raya  (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Kesehatan setempat akan memaksimalkan layanan kesehatan secara langsung kepada masyarakat dengan membenahi berbagai pelayanan yang ada pada tahun 2017.

"Ini sudah menjadi komitmen dari Pemkab Kubu Raya untuk terus meningkatkan layanan kepada masyarakat, salah satunya melalui layanan kesehatan. Untuk itu, kita akan pelajari dulu, karena banyak hal yang kita harus siapkan mulai dari sarana dan prasarananya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Berli Hamdani di Sungai Raya, Kamis.

Tidak hanya sarana dan prasarana kesehatan saja yang akan dikembangkannya, namun kualitas SDM yang ada juga terus ditingkatkan.

Untuk saat ini, pihaknya memaksimalkan layanan kesehatan dengan sistem jemput bola. Yakni membuka beberapa posko kesehatan keliling di pusat desa, agar masyarakat bisa semakin menjangkau layanan kesehatan.

"Dinas Kesehatan terus berupaya meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat debgan berbagai program pelayanan langsung. Untuk penggunaan fasilitas puskesmas keliling sebagsi sarana untuk penjemputan masrakat yang jauh dan harus dirujuk ke rumah sakit," tuturnya.

Ditempat yang sama, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali menyatakan, dirinya siap untuk memberikan pelayanan terbaik guna mensejahterakan serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya.

"Kegiatan layanan kesehatan yang dilaksanakan di Desa memberikan berbagai pelayanan kesehatan secara cuma-cuma atau gratis kepada masyarakat ini merupakan pelayanan kesehatan jemput bola dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," kata Rusman Ali.

Selain itu, kegiatan yang dicanangkan Bupati Kubu Raya Rusman Ali dan Wakil Bupati Hermanus serta seluruh aparatur Pemkab Kubu Raya mewujudkan kesehatan dan hidup sehat masyarakat secara berkesinambungan dengan geliat peran serta seluruh elemen masyarakat dengan aktif datang ke pusat-pusat pelayanan kesehatan yang didatangkan ke desa.

Hal itu dilakukan dalam menanggapi keluhan masyarakat di empat desa yang jauh di Kecamatan Sungai Raya, yakni Pulau Limbung, Pulau Jambu, Gunung Tamang dan Muara Baru terkait dengan kesulitan akses untuk rawat inap dan rujukan ke puskesmas yang fasilitasnya sudah lengkap untuk penyakit tertentu.

Rusman Ali meminta Dinas Kesehatan agar mengoptimalkan puskesmas keliling sebagai solusinya.

"Kita saat ini memiliki fasilitas puskesmas keliling, fasilitas ini kita akan jadikan sarana untuk jemput jika ada masyarakat kita yang harus dirujuk dari poskesdes maupun pustu jadi kan bisa lebih cepat," kata Rusman Ali.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016