Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Dusun Tanjung Durian Desa Pulau Jambu Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, meminta Pemerintah Kubu Raya untuk menyediakan sarana dan prasarana pendidikan di desa tersebut.

"Sampai saat ini desa tersebut belum memiliki fasilitas pendidikan, sehingga anak-anak Desa yang ingin masuk sekolah Dasar harus menggunakan sampan untuk bisa sekolah," kata Kepala Dusun Tanjung Durian Rehan saat bertemu Bupati Kubu Raya Rusman Ali dalam audiensi dengan masyarakat dan tokoh-tokoh masyarakat Desa Pulau Jambu, Jumat.

Dia mengatakan masyarakat hanya minta agar di desa itu minimal dibangun Sekolah Dasar, sebab saat ini anak-anak mereka harus menyeberang dengan menggunakan sampan untuk bisa sekolah didesa tetangga.

"Kami sangat mengkhawatirkan keselamatan anak-anak kami ini," tuturnya.

Menanggapi hal tersebut Rusman Ali mengatakan bahwa idealnya memang setiap desa mesti memiliki fasilitas pendidikan minimal Sekolah Dasar, sehingga anak-anak yang masih kecil tidak terlalu jauh melakukan perjalanan dari rumah ke sekolah.

Terlebih mereka yang harus menyeberang dengan menggunakan sampan seperti masyarakat di Desa Pulau Jambu.

"Kita sangat komitmen untuk mewujudkan pendidikan yang layak bagi anak-anak kita, menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai dan berkualitas," katanya.

Bupati mengatakan akan mendiskusikan hal itu kepada Dinas Pendidikan yang bertanggung jawab terhadap pendidikan di Kubu Raya.

"Kalau belum masuk program kita akan programkan, kalau sudah kita akan tindak lanjuti agar bisa terealisasi dengan cepat," kata Rusman Ali.

Ia mengatakan untuk membangun sekolah ada banyak hal yang harus disiapkan terlebih dahulu, di antaranya lahan, tenaga pengajar dan perlengkapan penunjang lainnya.

Menurutnya jika ada lahan-lahan yang dihibahkan oleh masyarakat kepada Pemerintah bisa melalui pemerintah desa akan memudahkan pemerintah daerah dalam melakukan pembangunan fasilitas umum seperti sekolah.

Untuk itu, dia meminta dukungan dari semua masyarakat untuk semua program pembangunan yang dilakukan sehingga percepatan pembangunan Kubu Raya di segala sektor dapat dengan cepat diwujudkan.

"Ini akan menjadi program prioritas kita, pendidikan di Kubu Raya merupakan bagian penting dari pembangunan daerah ini. Pendidikan ini menjadi salah satu program prioritas kita juga," katanya.

Rusman mengapresiasi dan berterima kasih kepada masyarakat yang menyampaikan kebutuhan mereka dengan baik kepada Pemerintah.

"Ini yang kita sangat butuhkan, makanya saya dan jajaran turun ke desa-desa ini untuk memastikan kebutuhan pembangunan di masyarakat. Dengan begini kan kita tau persis apa yang menjadi kebutuhan dan dan sudah sampai dimana pembangunan yang sudah berjalan," kata Rusman Ali. 

(KR-RDO/A043)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016