Singkawang  (Antara Kalbar) - Tagana Singkawang terpaksa mengevakuasi korban banjir, khususnya yang berada di bantaran sungai Kompleks Pasar Baru kota setempat, menyusul hujan deras yang terjadi pada Selasa malam.

"Terpaksa kita evakuasi, karena ketinggian air sudah mencapai setinggi dada orang dewasa khususnya di bantaran sungai Kompleks Pasar Baru Singkawang," kata Ketua Tagana Singkawang, Zulfian Agus, Rabu.

Menurutnya, ada sekitar 20 buah rumah yang menjadi korban banjir di bantaran sungai itu. "Mengenai berapa jumlah jiwa yang dievakuasi, kita masih melakukan pendataan," katanya.

Dia memprediksikan, jika debit air bisa saja bertambah, lantaran kondisi cuaca saat ini masih mendung. Senada dengan Alfabert, Ketua RT 13 RW 05, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat, juga memprediksikan ketinggian air bakal bertambah.

"Jika dilihat dari kondisi cuaca sekarang ini, kemungkinan ketinggian air bisa bertambah," kata Alfabert.

Untuk itu, dia mengimbau agar warga bersiap-siap apabila sewaktu-sewaktu akan dievakuasi.

Sementara itu, pantauan wartawan ini di lapangan, beberapa ruas jalan seperti Pasar Baru, Jalan Kalimantan, Jalan Pasar Turi, Jalan Rawasari, Setapuk kecil, dan Semelagi kecil mengalami banjir pasca hujan deras pada Selasa malam.

Hingga Rabu sore, cuaca hujan gerimis masih menyelimuti Kota Singkawang. "Kita berharap hari ini tidak hujan lagi," kata Wulan, warga Roban.

(U.KR-RDO/N005)

Pewarta: Rudi dan Rendra

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016