Putussibau (Antara Kalbar) - Anggota DPRD Kapuas Hulu, Hairudin meminta petugas yang berada di perbatasan Indonesia - Malaysia lebih memperketat pengawasan keluar masuk barang secara ilegal khususnya menjelang Hari Raya Natal dan akhir tahun.

"Pengawasan sudah mulai baik, apalagi dengan upaya penggagalan puluhan kilogram Narkoba, sehingga pengawasan perlu lebih ditingkatkan," kata Hairudin ketika ditemui di Gedung DPRD Kapuas Hulu di Putussibau, Rabu.

Politisi Partai Amanat Nasional itu berharap menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru stok sembako di Kapuas Hulu tidak terjadi kekosongan, karena itu sangat mempengaruhi kemungkinan masuknya produk Malaysia.

Bahkan Hariudin meminta petugas yang berada di perbatasan dapat memberikan contoh kepada masyarakat.

"Selain harus mengawasi peredaran keluar masuk barang, petugas juga harus menjadi contoh di masyarakat," kata Hairudin.

Tidak hanya itu, Hairudin juga berharap jalan-jalan tikus yang ada di perbatasan ditutup karena memang sudah ada Pos Lintas Batas Negara.

"Jalan tikus itu juga bisa menjadi cela bagi orang yang ingin menyelundupkan barang ilegal baik ke wilayah Indonesia maupun ke wilayah Malaysia," tegasnya.

Ditambahkannya, selain peningkatan pengawasan oleh petugas juga perlu tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk bersama-sama dengan petugas dalam menjaga jangan sampai ada upaya penyelundupan barang ilegal.  

(KR-TFT/N005)

Pewarta: Timotius

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016