Pontianak (Antara Kalbar) - Tidak kurang dari 60 karya terbaik hasil jepretan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pontianak kembali digelar dalam suatu pameran foto jurnalistik pada 15 Desember 2016 hingga 2 Januari 2017 di Aston Hotel dan Convention Center Pontianak.

    "Pameran ini bertajuk `Dari Barat Kalimantan` dengan menampilkan sebanyak 60 karya terbaik foto jurnalis yang dicetak berukuran 40x60 cm," kata Koordinator Pameran, Arief Nugroho di Pontianak, Kamis.

    Ia mengatakan, pameran yang digelar hingga awal tahun 2017 itu merupakan rangkaian puncak penutup roadshow dari beberapa pameran dengan konsep jalanan yang pernah dilaksanakan sebelumnya.

    Roadshow tersebut sudah dimulai sejak tanggal 23 Oktober 2016 yang digelar di arena Car Free Day di Jalan Ahmad Yani Pontianak. Kemudian dilanjutkan dengan pameran di Taman Digulis pada akhir Oktober dan terakhir di Taman Budaya pada 11-12 November 2016, katanya.

    "Persiapan untuk puncak pameran ini cukup panjang, hingga akhirnya panitia memutuskan rangkaian terakhir untuk tahun ini digelar mulai tanggal 15 Desember 2016," katanya.

    Arief menambahkan, proses pemilihan foto tersebut memakan waktu yang cukup panjang. Karena setiap anggota PFI Pontianak yang berjumlah 11 pewarta foto ini ingin menampilkan karya terbaik mereka untuk khalayak ramai.

    Dalam pameran ini, dibagi menjadi enam kategori foto, yaitu Daily Life, Nature dan Environment, Art-Culture-Entertainment, General News, Sport, dan Spot News, yang merupakan representasi dari peristiwa yang pernah terjadi diberbagai daerah Kalbar.

    "Karya yang ditampilkan ini 90 persen berbeda dengan foto yang dipamerkan dalam roadshow sebelumnya," ujar Arief.

    Sementara itu, Ketua PFI Pontianak, Leo Prima menyatakan momentum pameran foto akbar yang digelar itu sekaligus sebagai rangkaian ulang tahun ke-2 berdirinya PFI Pontianak pada 21 Desember 2014. Momentum rangkaian pembuka roadshow sebelumnya juga bertepatan dengan HUT ke-245 Kota Pontianak 23 Oktober 2016.

    "Dalam pameran ini, kami ingin menampilkan rekaman sisi lain peristiwa yang pernah terjadi di Kalbar dalam kurun waktu antara tahun 2009 hingga 2016," kata Leo.

    Pameran foto ini rencananya akan dibuka secara langsung oleh Wali Kota Pontianak Sutarmidji. "Kami juga mengundang masyarakat Kalbar, khususnya Pontianak untuk menyaksikan rangkaian pameran foto jurnalis terbesar di Kalbar di Aston Hotel yang terbuka untuk umum dan gratis," kata Leo.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016