Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 159.599 lembar surat suara yang dikirim dari percetakan Surabaya di Jawa Timur telah tiba di Kantor KPU Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

"Sebanyak 159.599 lembar surat suara untuk Pilkada Kota Singkawang telah tiba di Singkawang," kata Divisi Logistik KPU Kota Singkawang, Syahrial, Jumat.

Syahrial menyebutkan, surat suara yang dikirim dari percetakan Surabaya itu, mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian.

"Dari Surabaya ke Pontianak di kirim lewat pesawat, kemudian dari Pontianak ke Singkawang menggunakan jasa Pos Indonesia. Dalam perjalanan pengiriman menuju ke Kantor KPU Singkawang, surat suara tersebut mendapat pengawalan ketat oleh pihak kepolisian," tuturnya.

Selain 159.599 lembar kertas suara yang tiba di KPU Singkawang, juga ada sebanyak 2.000 kertas surat suara cadangan jika terjadi pemilihan ulang.

Terkait dengan surat suara ini, KPU Singkawang secara internal akan membahas secara teknis tentang pengelolaan surat suara. "Mulai dari pemiliahan, pelipatan, pengepakan hingga pendistribusian ke PPK dilanjutkan ke PPS dan TPS," katanya.

Jika di temukan adanya kerusakan pada surat suara, maka pihaknya akan segera mengoordinasikan hal itu ke percetakan, untuk secepat mungkin diganti dan dikirimkan kembali.

Sedangkan untuk pengamanan logistik surat suara, KPU Kota Singkawang sudah melakukan koordinasi dengan TNI-Polri.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017