Sungai Raya (Antara Kalbar) - Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura Brigadir Jenderal TNI Ahmad Supriyadi mengatakan tahun ini pihaknya menargetkan perluasan sawah di Kalimantan Barat dengan luas 1.500 hektare.

"Target perluasan sawah pada tahun 2017 ini adalah 3.100 hektare, di mana itu kita bagi dua, untuk Kalbar 1.500 hektare dan Kalimantan Tengah 1.600 hektare," katanya di Sungai Raya, Sabtu.

Dia menjelaskan cetak sawah merupakan program pemerintah pusat dalam bidang pengentasan kemiskinan, yang juga ditujukan agar Bangsa Indonesia tidak mengalami krisis pangan.

Untuk mewujudkannya, Kodam XII/TPR mengerahkan personelnya untuk mendukung program pemerintah. Hal itu, diawali penandatanganan nota kesepahaman cetak sawah serta program lanjutannya guna mendukung program Kementan RI dalam menyukseskan cetak sawah di wilayah Kodam XII/TPR.

Terkait dengan hal itu, pihaknya selalu siap mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan dengan menyukseskan kegiatan cetak sawah.

"Hal ini juga telah kita instruksikan kepada seluruh jajaran, agar melakukan evaluasi, sejauh apa program yang dicapai serta apa saja kendala yang dihadapi untuk segera dilakukan perbaikan demi tercapainya tujuan bersama, dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia," katanya.

Ahmad mengatakan pangan merupakan komoditas penting dan strategis bagi bangsa termasuk Bangsa Indonesia sebagai kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat.

Dia mengatakan berbagai upaya telah diprogramkan dan dilaksanakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta berbagai pihak pelaku pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan di Indonesia.

Namun, akibat perubahan iklim serta pemanasan global yang berkepanjangan, lahan pertanian yang semakin sempit disertai dengan bencana alam, upaya peningkatan produktivitas pangan nasional belum dapat dicapai secara optimal sehingga ketahanan pangan di Indonesia masih belum cukup kuat.

Di samping itu, katanya, perlunya berbagai langkah teknis yang terus dilakukan oleh pihak yang berwenang di bidang pertanian.

"Untuk itu, pemerintah memandang perlu untuk mengajak semua komponen bangsa seperti kelompok masyarakat, termasuk Kodam XII/TPR, bersatu padu meningkatkan ketahanan pangan di seluruh wilayah Tanah Air, khususnya di wilayah Kalbar dan Kalteng," kata Ahmad.

(U.KR-RDO/M029)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017