Kayong Utara (Antara Kalbar) - Badan Pusat Statistik mencatat Indeks Pertumbuhan Manusia (IPM) di Kabupaten Kayong Utara mengalami kenaikan dari 58,52 menjadi 60,09 pada tahun 2015/2016.

"IPM kita memang paling rendah karena kita yang paling muda tapi sudah masuk dalam kategori moderat, sudah terbilang bagus," kata Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Kayong Utara Agus Hartanto.

Ia mengatakan bahwa hal tersebut sesuatu yang wajar karena Kayong Utara merupakan kabupaten yang baru berdiri dan butuh proses untuk menaikkan IPM.

Dirinya juga berharap pembangunan manusia di Kayong Utara bisa lebih baik kedepannya. Apalagi Kayong Utara baru menggelar perhelatan akbar Sail Selat Karimata yang diharapkannya mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi seiring dengan meningkatnya Indek Pembangunan Manusia di kabupaten termuda di Kalbar kedepannya.

" Karena PDRB itu kan bergantung pada bagaimana tingkat investasinya, pengaturan rumah tangganya, seperti pengeluaran belanja pemerintah, aktivitas ekonomi ekspor, impor akan sangat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi," katanya lagi.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017